Awas! Pengguna YouTube Tengah Terancam

0
2736
Copyright ©PSafe

Youtuber Wajib Waspada Pencuri Digital

Oketekno – Bagi kalian yang suka streaming jangan panik terlebih dahulu, dikarenakan untuk pengguna YouTube yang dimaksudkan disini adalah para Youtuber. Mereka yang sudah mencapai jumlah 1000 subscriber untuk pertama kalinya, atau sudah beberapa kali harus tetap waspada dikarenakan belum lama ini ada bahaya yang mengancam.

Para youtuber yang sudah mencapai jumlah pengikut lebih dari 1000 saat ini tengah menjadi target serangan Phising. Pasalnya, kini untuk dapat menghasilkan pendapatan alias menayangkan iklan di channel YouTube kita, berdasarkan peraturan kita harus mendapatkan paling tidak 1000 subscriber terlebih dahulu.

Simak Nih: Tujuan Karyawan YouTube yang Diam-Diam Bajak Internet Explorer

Nah, mereka yang telah mencapai batas minimum untuk pengajuan AdSense ini, nantinya akan mendapatkan pesan seperti berikut “We’re evaluating your request for monetizing your YouTube channel”. Akan tetapi kalian jangan langsung percaya terhadap pesan tersebut, karena bisa jadi ini berupa penipuan.

YouTube Phising
Copyright ©Twitter

Akun Channel YouTube kalian bisa diambil alih oleh orang lain (maling digital) hanya melalui pesan seperti itu. Cara kerja dari sistem Phising ini ialah konten kreator akan menerima e-mail yang berisikan pesan “Our team reviewed your channel. … We’ve detected more than one violation in the process of reviewing your account.” Kemudian bakal ada formulir yang harus diisi dengan alamat URL Channel kalian lengkap beserta password.

Berdasarkan pengakuan korban yang sudah terkena, untuk pesan seperti itu tidak hanya diterima melalui e-mail yang terhubung ke Channel saja, melainkan juga bisa masuk ke e-mail pribadi. Kalau sampai korban mengirimkan segala data yang diminta, bisa saja channel akan melakukan berbagai tindakan diluar kendali, seperti penayangan konten tidak jelas, menipu follower, hingga pengambilan alih secara penuh akun korban.

Supaya kejadian seperti itu tidak menimpa kalian, maka diminta untuk tidak secara sembarangan memasukkan data privasi ke layanan internet. Lembaga resmi seperti YouTube, Google, Facebook, atau layanan lain tidak akan meminta pengguna untuk memasukkan password melalui jaringan lain. Untuk menjaga keamanan lebih lanjut, disarankan autentikasi 2 faktor diaktifkan di berbagai akun publik masing-masing pengguna.

baca juga: Beli Xtream 2 Plus Bonus Kuota YouTube Unlimited + Cashback Hingga Rp 1.2 Juta, mau?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.