Sederet Bukti Nyata Jika Facebook Menguping Obrolan Penggunanya

0
353
Facebook Kuping Pengguna
Copyright ©The Tech Journal

Facebook Nguping Pembicaraan Pengguna di Dunia Nyata?

Oketekno – Kehadiran iklan di platform sosial media tentu sudah bukan menjadi hal yang asing bagi kita, setiap kali kita membukanya tentu bakal ada beberapa konten promosi yang muncul, apalagi Facebook dan Instagram. Lantas, darimanakah platform tersebut mendapatkan data iklan sehingga mereka tau apa yang menarik bagi penggunanya?

Tentu saja berdasarkan analisa dan kebiasaan pengguna, akan tetapi sepertinya Facebook cukup parah dalam mengikuti pengguna untuk menampilkan konten iklan yang akurat. Pasalnya perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tidak kenal batasan privasi para penggunanya, dengan seenaknya bisa mengetahui apa yang tengah diperbincangkan pengguna.

Simak Nih: Pembaruan Sistem, Rekomendasi Video Facebook Bakal Dipenuhi Konten Berkualitas

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Bright Side, dikatakan kalau seorang jurnalis bernama Tyler Mears telah meyakini kalau layanan sosial media terpopuler di Dunia itu telah memata-matai pengguna. Hal ini dikatakannya setelah ia mendapati iklan yang dirasa cukup janggal.

Facebook Hear convertation
Copyright ©techspot

Ia bersama temannya membahas terkait perangkat yang mana dapat membantu wanita untuk buang air ketika di Campervan. Dan keesokan harinya ketika ia membuka Facebook, di timeline terdapat iklan terkait perangkat yang membantu wanita buang air banyak yang bermunculan. Darisanalah ia merasa ada kejanggalan yang terjadi, sebab komunikasi pengguna seharusnya termasuk privasi tingkat tinggi.

Ketahui Yuk: Tak Disangka, Facebook Masih Libatkan Privasi Pengguna Untuk Latih Sistem AI

Ternyata masalah itu bukan menjadi satu-satunya, sejumlah pengguna forum Reddit juga telah mengatakan permasalahan sama. Gundeeep merupakan salah satu pengguna forum tersebut mengungkap kalau ia dan temannya berencana berlibur ke Kerela, India untuk berlibur. Dan ternyata tidak lama setelahnya, ia mengetahui muncul paket perjalanan ke sana di akun FB miliknya.

Akun JunkPeddler juga mengungkap permasalahan serupa, ketika dirinya tengah makan malam bersama keluarga, pamannya menceritakan masalah kalau BMW miliknya tidak dapat menyala sehingga terpaksa ia harus menggunakan layanan Uber untuk sampai di lokasi. Ternyata, selang beberapa waktu deretan iklan mekanik BMW sekitar daerah tersebut langsung bermunculan.

Mungkin tidak terlalu bermasalah kalau yang dikuping adalah lini masa pengguna dan perilakunya saat memakai Facebook. Tapi ini sudah menyangkut ke dalam Dunia nyata, dimana sudah tidak ada peran lagi layanan sosial media tersebut. Namun masih belum ada bukti kuat kalau raksasa sosial media itu menguping pembicaraan pengguna, dan Mark Z juga sebelumnya telah mengungkap kalau platform-nya tidak memakai mikrofon perangkat pengguna untuk memata-matai.

baca juga: Turut Dirikan Facebook, Tapi Usulan Sosok Ini Langsung Ditolak Oleh Mark Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.