Kominfo Akui Sedikit Ribut dengan Facebook Indonesia Soal Ini

0
332
Facebook Messenger new feature
Copyright ©Unbox

Kerjasama dengan Facebook Tidak Semudah yang Dilihat

Oketekno – Sebenarnya kalau ditanya siapa yang membutuhkan, keduanya sama-sama memiliki niatan yang sama dimana developer ingin mendapatkan pengguna lebih banyak, sedangkan suatu Negara membutuhkan platform tersebut untuk kepentingan masyarakat. Mungkin sebagai pengguna Facebook, kita tidak begitu merasakan perubahan atau hal lain semacamnya.

Akan tetapi pada dasarnya Kementerian Komunikasi dan Informatika atau biasa dikenal dengan Kemkominfo telah mengungkap kalau Facebook ini menjadi layanan sosial media paling tidak patuh terhadap permintaan pemerintah untuk melakukan pemblokiran terkait konten negatif atau hoaks. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh Rudiantara selaku Menkominfo, untuk menjaga platform raksasa sosmed itu tetap menjadi layanan yang bersahabat dan bebas dari konten negatif.

Simak Nih: Sederet Bukti Nyata Jika Facebook Menguping Obrolan Penggunanya

Pernyataan yang diungkap oleh Rudiantara ini ditujukan untuk menanggapi pernyataan dari Anggota Komisi I DPR bernama Evita Nursanty, dimana ia mengatakan kalau Facebook Indonesia bakal menuruti permintaan pemblokiran konten negatif dan hoaks. Akan tetapi pada kenyataannya tidak semudah itu untuk berdiskusi dengan FB Indonesia terkait masalah tersebut.

Rudiantara Facebook
Copyright ©Kumparan

“Kami sudah ketemu Facebook.  Dan di situ dia katakan bahwa dia itu sebenarnya  mengikuti pemerintah. Suruh tutup dia tutup. Jadi kerja sama dengan FB ini, tergantung dari kiat.  Kalau kita suruh blokir, dia blokir,” seperti itulah yang dikatakan Evita ketika melakukan Rapat Kerja bersama Kemenkominfo, sebagaimana yang telah kami lansir dari laman CNN Indonesia, Selasa (14/05/2019).

Menanggapi pernyataan tersebut, Rudiantara telah mengungkap kalau “Mengenai Facebook, FB bisa bicara ke ibu ‘saya akan ikuti pemerintah’. Kami akan sampaikan ke ibu datanya berapa yang kami minta di take down, berapa yang mereka lakukan take down Facebook adalah yang paling parah.  Iya betul. Saya dengan senang hati (bagikan data).”

Bukan cuman itu saja, Rudiantara bersama team juga sering kali perlu ribut terlebih dahulu dengan pihak Facebook untuk meminta melakukan pemblokiran. Ia mengatakan kalau pihaknya akan melakukan yang terbaik demi membersihkan platform tersebut dari konten negatif sehingga masyarakat bisa dengan tenang dan nyaman memakainya.

baca juga: Turut Dirikan Facebook, Tapi Usulan Sosok Ini Langsung Ditolak Oleh Mark Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.