Keamanan WhatsApp Diragukan, Adakah Layanan yang 100% Aman?

0
1565
Keamanan WhatsApp Diragukan, Adakah Layanan yang 100% Aman
Copyright ©technadu

Tidak Ada Layanan yang Aman Selama Masih Terhubung Internet

Oketekno – Selama ini kita beranggapan kalau sistem enkripsi end-to-end itu sudah mampu melindungi privasi penggunanya secara penuh, data pengguna akan tetap aman dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun ternyata salah, karena kemampuan tersebut hanya mampu mengacak pesan pengguna sehingga bisa dibaca oleh pengirim dan penerima pesan saja. Sedangkan untuk jalan mengambil data pengguna masih banyak.

Layaknya yang dialami oleh WhatsApp apk kemarin, dimana pengguna tengah terancam Spyware dimana melalui virus tersebut data pengguna bisa terambil, dikarenakan hacker bisa menyusup ke akun pengguna sebelum dan sesudah pesan di enkripsi. Meski sebenarnya Facebook telah menerapkan keamanan berlapis, namun tetap saja platform pesan instant terpopulernya itu bisa ditembus.

Simak Nih: Bos Telegram Terang-Terangan Soal WhatsApp, Tidak Akan Pernah Aman?

Bukan cuman itu, yang lebih parahnya lagi sebelum update WhatsApp kemarin, masalah Spyware bisa masuk ke perangkat pengguna hanya melalui saluran telepon saja, sebuah cara yang sangat sederhana. Lantas, apakah ada layanan yang benar-benar aman dan melindungi data pengguna sepenuhnya?

Skull Phone
Copyright ©Avira Blog

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman BBC, dikatakan kalau setiap layanan atupun perangkat selama ada kaitannya dengan jaringan internet, maka bisa diserang hacker kapan saja. Jadi, pengguna kalau ingin aman sepenuhnya, maka tidak melibatkan privasinya di jaringan publik yang terkoneksi dengan Internet.

Ketahui Yuk: Tips Mengetahui WhatsApp Kena Bobol atau Tidak

Ketika privasi kalian tidak terhubung ke jaringan internet, maka Hacker akan terhalangi untuk mengakses perangkat dari jarak jauh. Satu-satunya cara untuk mencuri data ya secara fisik, dimana pelaku harus mengambil langsung perangkat penyimpan privasi itu di tempatnya.

Anggota perusahaan keamanan siber Cygenta bernama Dr Jessica Barker telah mengungkap kalau melakukan pembaruan software secara rutin bisa meminimalisir terjadinya peretasan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Meski privasi masih terancam, setidaknya tingkat keamanan yang telah dimiliki lebih kuat ketimbang sebelumnya.

Misalnya seperti update WhatsApp kemarin, kejadian tersebut sifatnya wajib dikarenakan selain untuk mendapatkan sederet fitur baru, akan tetapi tingkat keamanan yang dihadirkan oleh pengembang tentu lebih baik ketimbang sebelumnya, selain itu perbaikan beberapa bug juga akan dilakukan dalam setiap pembaruan.

baca juga: Resmi dari Pemerintah, Update WhatsApp Kalian ke Versi Ini Biar Aman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.