Ada Pengguna WhatsApp yang Gagal Update, Aman?

0
2531
WhatsApp Spyware
Copyright ©Forbes

Update WhatsApp Gagal, Berpotensi Kena Spyware

Oketekno – Dalam beberapa pekan terakhir ini para pengguna WhatsApp yang tersebar di seluruh penjuru Dunia tengah dihebohkan, pasalnya mereka tengah diintai Spyware yang dapat menginfeksi perangkat pengguna dengan mudah, yakni cukup melalui telepon tak terjawab saja.

Meski sebenarnya masalah WhatsApp Hack ini begitu besar dampaknya dan kerugian serius oleh pengguna, akan tetapi pihak pengembang tidak mengungkap informasi banyak tentang masalah tersebut. Bahkan disebutkan kalau Facebook selaku induk perusahaan malah tidak mengungkap ke publik sejak pertama kali menemukannya bulan Mei silam.

Simak Nih: Sudah Tau Sejak Awal, Facebook Malah Tutupi Masalah WhatsApp Ini

Terkait masalah tersebut, pihak pemerintah Indonesia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera memperbaruinya. Ketahui liputan lengkapnya melalui link ini. Disisi lain, Wandera yang merupakan perusahaan keamanan Smartphone telah menjalin kerjasama dengan Rolex, Deloitte, General Electric, dan Bloomberg untuk melakukan penelitian terkait masalah tersebut.

WhatsApp MarketPlace
Copyright ©detikINET

Perusahaan keamanan tersebut telah membantu untuk mengamankan sejuta perangkat karyawan yang ada dibawah manajemennya, dimana 30% diantaranya telah terpasang WhatsApp apk. Dengan demikian, Wandera bisa mengetahui apakah sebanyak 300.000 pengguna ini telah melakukan saran untuk update WhatsApp atau belum.

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Businessinsider, pada hari Kamis (16 Mei 2019) telah ditemukan 80.2% perangkat iOS tidak diperbarui, sedangkan 55.4% perangkat Android diketahui juga masih rentan. Kemudian pada tanggal 17 Mei 2019 peretas malah mendapatkan akses dengan pemanfaatan kerentanan tersebut untuk mencuri data pengguna. Namun, jumlah pengguna yang terdampak tidak terlalu besar sehingga masih ada kemungkinan aman perangkat kalian meski belum melakukan update.

Terkait masalah penyusupan Spyware pada aplikasi WhatsApp ini, pengembang masih belum memberikan penjelasan detail. Dan untuk pembaruan keamanannya tidak dikatakan secara jelas pada toko aplikasi App Store ataupun Google Play Store, aplikasi terbaru hanya menyebutkan pembaruan dilakukan untuk pembaruan celah keamanan xxx.

baca juga: Keamanan WhatsApp Diragukan, Adakah Layanan yang 100% Aman?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.