Smartphone Huawei Bakal Tidak Punya YouTube?

0
868
Huawei Smartphone
Copyright ©cnet

Kerjasama Google dan Huawei Diblokir 

OketeknoHuawei menjadi salah satu vendor yang luar biasa, sejak tahun kemarin perusahaan asal China ini telah berhasil menggeser Apple dari posisi kedua untuk Smartphone paling laris di Dunia. Akan tetapi beberapa waktu terakhir ini sepertinya perangkat tersebut mulai terancam karena imbas dari perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Perang dagang antar kedua Negara ini juga berdampak ke sejumlah sektor, terutama bagi perusahaan yang berada di wilayah tersebut. Salah satunya yakni Huawei yang berpotensi kehilangan lisensi sistem operasi Android untuk perangkat buatannya.

Simak Nih: Cara Baru Unduh Video YouTube Pakai SS

Sebelumnya dikabarkan kalau Google selaku pemilik sistem operasi tersebut akan mengambil langkah luar biasa, yakni menangguhkan bisnis serta kerjasamanya dengan Huawei, dari segi Hardware ataupun Software.

Dark Huawei
Copyright ©Euronews

Dan kini perusahaan Google juga sudah memberikan pernyataan resmi terkait penarikan lisensi Android dari Huawei. “Kami mematuhi order yang diberikan (pemerintah AS) dan sedang menganalisis dampaknya,” begitulah ungkapnya sebagaimana dilansir dari laman Android Police.

Bukan hanya akan kehilangan lisensi saja, melainkan Smartphone Android buatan Huawei kedepannya juga bakal kehilangan akses ke layanan utama milik Google dimana diantaranya yakni seperti Google Play Store, Gmail, Chrome, hingga YouTube juga. Dan untuk aplikasi seperti itu, tidak dapat lagi diakses dikarenakan harus ada perjanjian komersial antara Huawei dan Google.

Ketahui Yuk: Cara Mudah Buka Mode Desktop YouTube di Browser Safari

Beda dengan sistem operasi Android, dimana Huawei masih bisa menjalankannya karena memang OS tersebut bersifat open source, siapa saja dapat memakai serta mengembangkan berdasarkan pemikiran dan kreatifitas masing-masing developer.

Menurut informasi yang dilansir dari laman Reuters dengan pencabutan lisensi ini menandakan kalau Huawei tidak akan lagi dapat dukungan teknis dari Google. Akan tetapi sepertinya hal tersebut tidak menjadi masalah karena Huawei sudah mengantisipasinya sejak lama. Dikabarkan telah siap rencana B kalau sewaktu-waktu ada pemblokiran kerjasama dengan Google.

Disebutkan kalau Huawei memang akan mengembangkan teknologi sendiri, namun bagaimana nasib layanan seperti YouTube, Gmail, dan lain sebagainya? Apakah ada alternatif lain yang bisa didapat pengguna ketika aplikasi tersebut diblokir juga?

baca juga: Cara Aktifkan Mode Terbatas di YouTube Untuk Cegah Konten Dewasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.