Facebook Kebocoran Data Lagi, Kali Ini Dari Instagram

0
395
Hack Instagram
Copyright ©FayerWayer

Sejumlah Artis Instagram Bocor Datanya

Oketekno – Beberapa waktu terakhir ini masalah kebocoran data memang tengah menyerbu layanan sosial media Facebook. Setelah kasus besar Cambridge Analytica tahun kemarin, sang raksasa sosmed ini telah mendapatkan perhatian soal keamanannya lebih ketat, dan ditemukannya berbagai celah keamanan yang masih ada di semua platform miliknya.

Dan belum lama ini dikabarkan Facebook telah kebocoran data lagi, akan tetapi kali ini berasal dari platform Instagram. Untuk data yang bocor ini sendiri dikompilasi dan diposting pada database online yang telah ditemukan oleh peneliti keamanan bernama Anurag Sen.

Simak Nih: WhatsApp Dipastikan Bisa Kirim Pesan ke Messenger dan Instagram, Mulai Kapan?

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Neowin, untuk data yang ditampilkan ini telah menunjukkan 6 juta data pribadi akun Instagram milik Influencer dan para selebriti. Berdasarkan sumber tersebut, dikatakannya kalau data ini telah memuat lebih dari 49 juta entri dan hostingnya berasal dari Amazon Web Services.

Facebook Kecolongan Data Lagi
Copyright ©Mashable

Setelah menemukan database, Sen telah memberikan informasi temuannya itu kepada media Techcrunch dan langsung melakukan pelacakan asal-usulnya, dan ditemukanlah penyebab serta pengamanan data yang masih terbuka lebar. Untuk jejaknya sendiri telah terlihat dan diketahui kalau pemilik database ini merupakan perusahaan pemasaran sosial media asal India bernama Chtrbox.

Ketahui Yuk: Alasan Facebook Minta Pengguna Instagram Segera Ganti Password

Perlu diketahui bahwa Chatrbox ini merupakan sebuah perusahaan pemasran yang bermarkas di Mumbai, perusahaan ini akan membayar para influencer serta para selebriti untuk mengunggah iklan di akun milik mereka. Dan untuk data yang diincar dari pengguna Instagram tersebut yakni seperti nomor telepon, alamat email, gambar profil, bios, jumlah pengikut, hingga lokasinya.

Kemudian beberapa korban telah dihubungi dan dimintai konfirmasi tentang hubungannya bersama Chtrbox, dan pemberitahuan tentang nomor telepon dan alamat email. Akan tetapi pemilik Akun Instagram ini mengaku tidak memiliki hubungan sama sekali dengan perusahaan tersebut, sehingga Facebook Inc. langsung mengeluarkan pernyataan terkait pelanggaran data.

Dan ketika Chtrbox dihubungi oleh media TechCrunch, tidak lama setelahnya database langsung dihapus tanpa ada konfirmasi atau respon terkait masalah tersebut. Bahkan petinggi perusahaannya juga tidak memberikan informasi tentang bagaimana pihaknya bisa mendapatkan data pengguna Instagram sebanyak itu.

baca juga: Jumlah Like di Instagram Mulai Disembunyikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.