Awas! Aplikasi Unduh Video YouTube Populer Ini Diduga Membahayakan

0
1325
Youtube Downloader
Copyright ©hddmag

Pengguna YouTube Wajib Waspada Jika Ingin Unduh Video

Oketekno – Layanan media streaming terpopuler di Dunia YouTube telah menyajikan berbagai macam konten menarik untuk dinikmati, banyak jenis konten yang tersedia di platform tersebut sehingga kita tidak pernah bosan untuk menikmatinya. Akan tetapi beberapa kalangan ada yang ingin mengunduh video tersebut untuk dinikmati lain waktu ketika ada waktu senggang.

Memang sih kalian bisa unduh video youtube tanpa aplikasi tambahan, akan tetapi untuk pemutarannya tidak bisa dilakukan di perangkat lain ataupun menggunakan aplikasi lain, kalian hanya bisa menikmati video melalui Youtube apk yang terpasang di perangkat. Oleh karena itu, tersaji beberapa aplikasi alternatif yang memungkinkan kalian mengunduh video dan menyimpannya di memori ponsel.

Simak Nih: Cara Unduh Video YouTube di iPhone Tanpa Aplikasi Lain

Namun kalian perlu waspada dikarenakan belum lama ini ada informasi yang mengungkap kalau aplikasi download YouTube dan sejumlah platform lain tidak aman untuk pengguna dikarenakan beberapa hal. Untuk penemuan ini berasal dari riset keamanan teknologi mobile Upstream, yang bermarkas pusat di London, Inggris.

Vidmate download video youtube
Copyright ©techibhai

Dalam kasus ini yang dituduh membahayakan penggunanya adalah aplikasi unduh video youtube terpopuler bernama Vidmate. Untuk aplikasi ini sendiri pada dasarnya telah terpasang sekitar setengah miliar perangkat Android, tentu bukan jumlah yang sedikit.

Melalui aplikasi tersebut kita bisa mengunduh video yang berasal dari sejumlah platform, termasuk Facebook dan Instagram juga. Akan tetapi dibalik itu, Upstream menduga kalau VidMate ini telah memunculkan iklan terselubung dimana secara diam-diam telah mendaftarkan penggunanya untuk layanan berbayar, mengkonsumsi baterai lebih besar serta mengekspos informasi pribadi penggunanya.

Ketahui Yuk: Cara Memunculkan Pengingat di YouTube Agar Tidak Lupa Waktu

Bahkan Guy Krief selaku CEO Upstream menyebutkan kalau setiap pengguna yang memasang aplikasi VidMate ini telah menyerahkan kendali perangkatnya kepada pihak ketiga. “Ponsel itu dan koneksinya akan menjadi bagian dari sebuah botnet yang digunakan untuk menampilkan iklan terselubung, dengan mengorbankan pemiliknya… dan juga privasinya,” seperti itulah yang dikatakannya.

Untuk penayangan iklan terselubung ini tidak dapat dilihat oleh penggunanya, akan tetapi memang ada dan berjalan di perangkat pengguna. Dikatakan kalau Upstream telah memblokir 128 juta aktivitas mencurigakan pada aplikasi Vidmate yang bisa merugikan pengguna, karena melakukan pendaftaran ke layanan berbayar tanpa seizinnya.

Dan disisi lain, pengembang aplikasi download video YouTube ini menyebut kalau pihaknya akan menanggapi masalah tersebut dengan serius. Namun Jiato Chen yang merupakan juru bicara VidMate sempat menyalahkan SDK pihak ketiga dan rekan terhadap adanya indikasi tindakan mencurigakan pada aplikasinya itu.

baca juga: Cara Baru Unduh Video YouTube Pakai SS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.