Inikah Cadangan Huawei Jika Sudah Dilarang Pakai Play Store Lagi?

0
1436
Huawei with
Copyright ©PhoneArena

Huawei Ingin Gandeng Aptoide?

Oketekno – Hubungan kerjasama antara Huawei dan Google memang sangat berarti, terutama demi kelangsungan bisnis keduanya. Kalau sampai terputus, maka kedua belah pihak tentunya akan mengalami penurunan meski itu tidak terlalu besar. Meski demikian, semuanya dilakukan agar tidak melanggar peraturan Pemerintah setempat.

Seperti yang kita ketahui bahwa, ketika kerjasama antara kedua perusahaan ini dicabut, maka akses Huawei untuk menggunakan OS Android juga terbatas. Dan salah satu dampat terbesarnya yakni pemblokiran layanan Google Play Store.

Simak Nih: Huawei Nova 5 Bakal Usung Teknologi Fast Charging 40W Premium

Berdasarkan informasi sebelumnya, Alternatif Android sudah mulai dipersiapkan oleh Huawei sejak beberapa tahun silam. Kemudian untuk menggantikan Play Store, dikatakan perusahaan asal China ini sudah memulai mengembangkan App Gallery. Untuk aplikasi ini sendiri sudah hadir di beberapa ponsel besutannya dan juga Honor.

Aptoide
Copyright ©Aptoide

Namun sepertinya Huawei tidak akan mampu kalau bergerak sendiri, sehingga membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk mendorong toko aplikasinya itu agar ramai dipakai dan bisa diandalkan. Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman PhoneArena, disebutkan kalau induk perusahaan Honor tersebut tengah berdiskusi dengan Aptoide.

Ketahui Yuk: Ini Dia Pengganti Android Untuk Smartphone Huawei Mendatang

Perlu diketahui bahwa Aptoide telah memiliki markas di Portugal, sehingga pihaknya masih bisa menjalin kerjasama dengan baik. Dan bahkan Executive Director Aptoide bernama Paulo Trezentos juga telah menyatakan kalau sebelumnya ia bersama tim-nya beberapa kali telah melakukan diskusi bersama Huawei. Dan ketika ada informasi pemberhentian kerjasama antara Google dengan vendor asal China tersebut, tim Aptoide langsung menghubunginya lagi untuk membicarakan masalah kerjasamanya.

Untuk Aptoide ini bukanlah toko aplikasi biasa, sebab penggunanya sudah mencapai 200 juta, dan itu berkat kerjasamanya dengan Vivo, OPPO, dan juga Xiaomi. Lebih dari 900.000 aplikasi sudah tersedia disana, dan tentu saja dengan jumlah sebanyak itu App Gallery bisa terbantu nantinya.

Akan tetapi Aptoide ini bukanlah marketplace aplikasi resmi, sehingga untuk seluruh aplikasi yang ada di dalam platform miliknya tidak diunggah langsung oleh para pengembangnya. Lantas, seperti apakah Huawei menyikapi masalah tersebut?

baca juga: Google Masih Lanjutkan Kerjasama dengan Huawei, Tapi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.