Pakai VPN Jadi Solusi Terbaik Untuk Akses WhatsApp?

0
1810
VPN Facebook WhatsApp
Copyright ©CNBC Indonesia

Menkominfo Anjurkan Pengguna Tidak Pakai VPN

Oketekno – Beberapa hari terakhir ini masalah tumbangnya layanan sosial media serta aplikasi pesan instant utama di Indonesia yakni seperti WhatsApp, Facebook, dan juga Instagram yang dibatasi telah mencuri perhatian masyarakat. Memang untuk sekarang ini Instagram sudah bisa diakses sebagaimana mestinya, namun yang lain masih belum.

Dikarenakan masalah ini hanya terjadi di Indonesia, maka pengguna juga tidak kehabisan akal, beberapa diantara mereka memutuskan untuk menggunakan VPN agar bisa mendapatkan IP Luar Negeri sehingga mereka dapat mengakses layanan yang dibatasi ini lebih baik, unduh gambar, video, dan lain sebagainya bisa dilakukan.

Simak Nih: WhatsApp Dibatasi, Tapi Kenapa Telegram Tidak?

Akan tetapi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) bernama Rudiantara telah memberikan saran terhadap pengguna sosmed tidak menggunakan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, ataupun sosial media seperti Facebook menggunakan jaringan VPN (Virtual Private Network). VPN tidak akan memberikan solusi terbaik bagi kalian untuk mengakses W.A dengan lancar.

WhatsApp MarketPlace
Copyright ©detikINET

Pernyataan tersebut disampaikan Rudiantara setelah terdeteksi banyaknya masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong untuk download aplikasi VPN hanya untuk mengakses sosial media dan aplikasi pesan instant andalannya dengan lebih lancar, setelah pembatasan terhadap layanan tersebut diberlakukan untuk menanggulangi aksi 22 Mei 2019 semakin memanas.

Ketahui Yuk: Ucap Pemerintah Soal WhatsApp, Facebook dan Instagram Down

“Kami sudah memperhitungkan salah satunya melalui VPN, selalu dikatakan bisa bypass lewat VPN, namun hindari VPN karena (kalau kita menggunakan) VPN gratis bisa terdampak terbukanya data-data pribadi,” seperti itulah yang diungkap oleh Rudiantara ketika tengah melakukan wawancara bersama Kompas TV, Kamis (23/05/2019).

Dalam keterangan lanjutannya, Rudiantara mengatakan kalau VPN ini juga bisa menjadi akses masuknya malware ke perangkat dengan mudah, apalagi yang gratisan. “Kalau gratis, hindari. Pokoknya hindari menggunakan aplikasi WhatsApp melalui VPN,” seperti itulah jelas Rudiantara.

Jadi solusi terbaik ya menunggu hingga pihak pemerintah Indonesia mau membuka pembatasannya untuk platform WhatsApp, sehingga pengguna dapat mengunduh dan mengunggah foto dengan lancar lagi untuk kedepannya.

baca juga: Kata Menkominfo Soal Facebook, WhatsApp, dan Instagram Kembali Normal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.