YouTube Jadi Perhatian Publik Ketika Facebook dkk Down

0
1489
Logo besar YouTube
Copyright ©Medcom

Operator Jaringan Mengaku Terdampak Pembatasan Sosmed Kemarin

Oketekno – Pemakaian data untuk WhatsApp dan Facebook yang biasanya begitu tinggi, akan tetapi dikarenakan pembatasan yang dilakukan oleh Pemerintah sejak tanggal 22 Mei 2019 kemarin, tentu pemakaian kuota untuk mengakses kedua platform tersebut anjlok. Tapi dibalik itu, YouTube malah mengalami peningkatan traffict yang cukup signifikan.

Untuk kejadian ini telah dirasakan oleh PT Indosat Tbk. Dan PT Hutchison 3 Indonesia, kedua perusahaan jaringan seluler tersebut mengaku kalau pihaknya juga ikut terdampak terhadap pembatasan akses sosial media tersebut.

Simak Nih: Tampilan Subscriber YouTube Bakal Lebih Disederhanakan

Namun, dengan tetap dibukanya platform YouTube membuat kedua operator tersebut bersyukur karena penurunan trafik data-nya tidak mengalami penurunan yang drastis. Turina Farouk selaku Group Head Corcom Indosat Ooredoo telah mengungkap kalau kecenderungan aplikasi seperti WhatsApp, dan lainnya terjadi penurunan trafik sejak jam 12 siang.

kenaikan traffic youtube
Copyright ©Google Developers

“Terjadi penurunan sejak pukul 12 siang, [namun] khusus YouTube terjadi kenaikan lalu lintas data pada periode yang sama,” seperti itulah yang dikatakan Turina Farouk sebagaimana kami lansir dari laman Bisnis, Sabtu (25/05/2019).

Ketahui Yuk: Cocok Untuk Edit Video YouTube, Adobe Premiere Rush Kini Ada di Android

Kemudian Danny Buldansyah yang menjabat Wakil Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia telah mengatakan kalau penurunan datanya sejak tanggal 22 Mei ini tidak sampai 50%. Hal ini dikarenakan YouTube tetap berjalan, tidak dibatasi sebagaimana layanan sosial media lainnya. Selain itu, pihaknya mengatakan masih belum tau pasti tentang penurunan trafiknya itu, “Kemarin kami masih sibuk kordinasi blokir sana blokir sini sehingga tidak memikirkan trafik dulu,” ucapnya.

Seperti yang kita ketahui dan alami bahwasanya pada tanggal 22 Mei 2019 kemarin, layanan WhatsApp benar-benar tidak dapat diakses, hanya beberapa pengguna saja yang mengaku masih dapat berkirim pesan teks. Sedangkan Facebook cuman bisa update status saja, tanpa adanya pemuatan gambar, begitu juga dengan Instagram yang seolah lumpuh total di hari tersebut.

Dan ketika hal tersebut terjadi, tentu warganet mencari hiburan serta informasi melalui platform streaming media terpopuler, yakni YouTube. Mereka bisa update melalui aplikasi tersebut, sekaligus mencari hiburan-hiburan menarik lainnya.

baca juga: Kata Menkominfo Soal Facebook, WhatsApp, dan Instagram Kembali Normal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.