Smartphone Android Kini Lebih Aman Ketimbang iPhone

0
958
Smartphone Android Vs iOS
Copyright ©PhoneArena

Ponsel Android Lebih Sulit Dibobol Karena Banyak Model

Oketekno – Seperti anggapan banyak kalangan, mereka merasa kalau perangkat Smartphone iOS memiliki sistem keamanan lebih baik ketimbang Smartphone Android. Hal ini dikarenakan mereka beranggapan kalau sistem operasi yang dijalankan di perangkat besutan Apple ini tidak ada campur tangan pihak ketiga dan tertutup.

Bukan cuman itu saja, tingginya keamanan perangkat iPhone sampai menyulitkan pihak kepolisian untuk menyelidiki suatu kasus. Akan tetapi belum lama ini telah ada informasi cukup mengejutkan dari agen keamanan Amerika Serikat.

Simak Nih: Vivo Z5X Hadir dengan Layar Berlubang 3 Kamera, Harga Mulai Rp 2 Jutaan!

Ya, kemarin lalu Polisi AS dan Agen Keamanan telah mengungkap kalau Smartphone Android secara bertahap telah menyalip tingkat keamanan perangkat iPhone. Dan dikatakan kalau untuk memasuki sistem operasi Google ini jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Vs Phone
Copyright ©IDG Connect

Berdasarkan pengakuannya, telah dikatakan kalau pihaknya belum lama ini telah menyita Smartphone LG yang merupakan milik tersangka kasus Narkoba. Dan saat dilakukan proses penyelidikan, pihak kepolisian mengaku tidak dapat melewati layar kunci menggunakan alat khusus yang biasa digunakannya untuk membobol perangkat.

Atas kejadian tersebut, bahkan pihak keamanan tersebut telah meminta perpanjangan waktu pembukaan perangkat sampai 120 hari. Kemudian sumber di komunitas forensik telah mengatakan kalau keamanan OS Google dalam beberapa kasus ini terlalu kuat bagi polisi untuk mengakses ke dalam sistem.

Ketahui Yuk: Punya Spesifikasi Tinggi, Harga OPPO Reno Z Ternyata Cuman Segini

Sebelumnya CEO perusahaan keamanan jaringan Elcomsoft bernama Vladimir Katalov telah mengatakan kalau Google sudah menambahkan banyak sekali fitur keamanan pada perangkat Android sehingga sangat sulit untuk menembusnya.

Dari sekian banyak sistem keamanan, salah satu yang disematkan yakni Secure Startup, dimana melalui fitur tersebut seluruh penyimpanan internal akan di enkripsi sehingga data yang tersimpan tidak dapat diakses oleh siapapun, kecuali berhasil memasukkan identifikasi wajah atau jari yang dikenali.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Forbes, mengungkap kalau untuk menembus perangkat iPhone itu memang butuh sumber daya besar. Akan tetapi kalau sudah 1 ketemu dan berhasil, maka bisa digunakan untuk perangkat iOS lainnya.

Beda dengan Android yang mana ketika badan forensik professional mampu mengetahui dan mendapatkan akses masuk ke Google Pixel, akan tetapi belum tentu peretasan dalam metode yang sama bisa berhasil di Smartphone Android lainnya. Itu dikarenakan jumlah model yang tak terhitung jumlahnya.

baca juga: Jangan Berharap Banyak dari iPhone 2019, Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.