Nokia Malah Diuntungkan Karena Masalah Huawei, Kok Bisa?

0
1235
Nokia 5G
Copyright ©Grid

Masalah Huawei Menguntungkan Nokia

OketeknoHuawei menjadi salah satu perusahaan besar yang terdampak atas permasalahan perang dagang Amerika Serikat – China. Bahkan pihak pemerintah AS juga telah memasukkan perusahaan tersebut ke dalam daftar hitam Negaranya, sehingga masalah tersebut bisa mengancam tingkat kualitas perangkatnya di masa depan.

Namun ternyata belum lama ini ada kabar yang menyebut atas terblokirnya Huawei dari AS menjadikan Nokia malah bisa mendapatkan keuntungan. Bukan dari pihak lain, bahkan pernyataan tersebut telah dikatakan langsung oleh CEO perusahaan bernama Rajeev Suri.

Simak Nih: Harga Lebih Mahal, Nokia 4.2 Malah Lebih Rendah Ketimbang Nokia 3.1?

Dikatakannya kalau masalah tersebut bisa menjadi peluang bagi perusahaannya dalam jangka panjang. Itu dikarenakan adanya pemberlakuan batasan vendor asal China tersebut untuk mendapatkan pasokan produk ataupun layanan yang berasal dari Amerika Serikat.

Huawei Telecom
Copyright ©Wall Street Journal

“Tapi lebih dari itu, sulit untuk mengatakannya pada saat ini,” begitulah pernyataan Rajeev Suri sebagaimana dilansir dari laman South China Morning Post.

Sekedar pengetahuan saja bahwasanya Huawei dan Nokia ini memiliki persaingan dalam bisnis telekomunikasi. Keduanya telah memiliki pangsa pasar sebesar 28% (Huawei) dan 17% (Nokia) di tahun 2018 kemarin, dan berdasarkan data dari firma riset Dell’Oro Group, membuat pihaknya menjadi yang terdepan di sektor tersebut.

Ketahui Yuk: Dirilis, Berikut Spesifikasi Utama dan Harga Nokia 4.2 di Indonesia

Bukan cuman bakal mendapatkan keuntungan dari jaringan yang sudah ada sebelumnya saja, melainkan Nokia memiliki peluang besar dalam penyediaan jaringan 5G di berbagai Negara. Dan nasib keuntungan yang sama dialami juga oleh Ericsson dimana mendapatkan 13% market share sepanjang tahun 2018.

Dikabarkan belum lama ini Nokia segera menjalin kontrak dengan operator U Mobile Malaysia dalam fasilitas jaringan 5G, dan jaringan tersebut katanya akan diuji coba tahun ini. Dan pihaknya mengaku berusaha keras agar perkembangan serta penyebaran jaringannya berlangsung membaik dari waktu ke waktu.

Sedangkan masalah industri ponsel, masih belum terlihat jelas potensi keberhasilannya, dikarenakan HMD Global sendiri juga mulai berusaha untuk membangun kepercayaan masyarakat kembali untuk memakai Smartphone Nokia Android yang terbaru.

baca juga: Harga Nokia 3.1 Plus di Indonesia Terjun Bebas, Tinggal Segini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.