Indonesia Bakal Rakit Otak iPhone dan MacBook Milik Apple

0
725
Copyright ©pexels

Chip iPhone Akan Dirakit di Indonesia 

Oketekno – Di Indonesia memang tidak ada bangunan Apple Store khusus seperti yang ada di Singapore, akan tetapi bukan berarti kontribusi Tanah Air terhadap brand teknologi besar seperti Apple ini sangat jauh. Belum lama ini ada kabar yang mengatakan kalau Negara kita bakal diberikan kepercayaan untuk merakit Chip Smartphone iPhone milik Apple.

Pabrik semi konduktor asal Taiwan, Pegatron, telah diketahui kalau pihaknya sudah menandatangani surat perjanjian bisnis terhadap pihak pemerintah Indonesia. Dalam surat perjanjian tersebut telah disebutkan niat Pegatron untuk menanamkan investasi sebesar Rp 10 – 15 Triliun untuk Indonesia ini guna memproduksi chip iPhone.

Simak Nih: Apple Dianggap Malas Desain iPhone XR2

Ignatius Warsito selaku Wakil Menteri Perdagangan telah mengungkap kalau perakitan chip ini nantinya akan dilakukan oleh salah satu perusahaan elektronik terbesar di Indonesia, PT Sat Nusapersada yang bertempatkan di Batam.

Produksi PT Sat Nusapersada
Copyright ©Kementerian Perindustrian

Dikatakannya kalau Pabrik ini nantinya akan diberikan tanggung jawab merakit chip smartphone iPhone saja, sedangkan untuk material mentahannya masih tetap diimpor dari Taiwan. Bukan cuman perakitan chip untuk Smartphone saja, cukup dimungkinkan kalau Indonesia juga diberikan kepercayaan merakit otak MacBook di masa mendatang.

Ketahui Yuk: Samsung Bakal Jadi Pahlawan Apple dalam Ciptakan iPhone 5G?

Sekedar pengetahuan saja bahwa Pegatron sendiri sekarang ini tengah melakukan persiapan untuk memproduksi perangkat Home Appliance yang bertempatkan di Batamindo Industrial Park. Sedangkan untuk chip Smartphone telah diproduksi di pabriknya yang berada di Taiwan saja.

Namun sekarang sudah berbeda, Indonesia dianggap sebagai jembatan sekaligus pencadangan terhadap mulusnya bisnis dengan Apple, terutama dalam supply chip Smartphone iPhone. Hal ini berkaitan dengan perang dagang antara China dan Amerika Serikat, dimana Negeri Paman Sam tersebut memberikan peraturan lebih ketat untuk masalah ekspor impor.

Untuk sekarang ini yang lagi terkena dampak besar dari perang dagang Amerika Serikat dan China ini adalah Huawei, dimana hubungan kerjasamanya dengan Google, ARM, Panasonic, dan masih banyak perusahaan lainnya telah dihentikan.

baca juga: Ada 11 Model iPhone 2019 yang Didaftarkan Apple

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.