Waspada! Pengguna iPhone Jangan Sampai Pasang Aplikasi Mata-Mata Ini

0
797
iPhone Triple Camera
Copyright ©Geeky Gadgets

Aplikasi Mata-Mata di iPhone

Oketekno – Tingkat keamanan perangkat Smartphone iPhone diklaim lebih diperhatikan oleh sang vendor ketimbang platform Android. Salah satu buktinya yakni Apple telah melakukan penyeleksian Aplikasi cukup ketat untuk masuk ke App Store.

Akan tetapi belum lama ini telah ada informasi yang mengatakan kalau sejumlah aplikasi terpopuler di perangkat iOS ternyata secara diam-diam telah mengumpulkan data penggunanya tanpa mendapatkan persetujuan dari pemilik perangkat terlebih dahulu.

Simak Nih: Indonesia Bakal Rakit Otak iPhone dan MacBook Milik Apple

Sebagaimana hasil pengamatan dari perusahaan keamanan Disconnect dan media The Washington Post, telah ditemukan ada lebih dari 5.400 aplikasi tracker yang telah melakukan pengiriman data dari perangkat iPhone atau iPad pengguna ke server pihak ketiga.

iPhone XE Rumours
Copyright ©Phone Arena

Dari informasi yang dilansir dari laman Dailymail, untuk jenis informasi yang dikumpulkannya ini juga beragam, termasuk diantaranya data-data sensitif seperti alamat email, nomor telepon, alamat IP, hingga lokasi sang pengguna.

Ketahui Yuk: Apple Dianggap Malas Desain iPhone XR2

Bukan sepanjang waktu, melainkan aplikasi mata-mata ini bekerja pada saat malam hari dimana para pengguna tengah istirahat (tidur), sehingga perangkat iPhone atau iPad yang terpasang aplikasi tersebut tidak sedang digunakan oleh sang pemilik. Terlebih, untuk membuatnya lebih tersamar, aplikasi tersebut telah memanfaatkan fitur Background App Refresh di iOS, dimana membolehkan aplikasi untuk mengirimkan data ketika aplikasi sedang tidak digunakan.

Memang fitur tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, akan tetapi dalam pengamatan yang dilakukan belum lama ini sering ditemukan kalau data yang diambil ini merupakan sensitif semua, misal seperti yang dilakukan oleh aplikasi Amplitude, Appboy, dan juga Demdex.

Dan untuk jumlah data yang diunggah ini bisa mencapai 1.5GB, rata-rata aplikasi iPhone yang menyedot kuota sebesar itu merupakan aplikasi populer seperti Microsoft OneDrive, Nike,  Spotify, dan beberapa lainnya. Tentu saja, tujuan pengembang aplikasi mata-mata ini mengirimkan data sensitif pengguna ke server pihak ketiga yakni menayangkan iklan yang lebih efektif.

baca juga: Terungkap! Ada 11 Model iPhone 2019 yang Didaftarkan Apple

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.