Ternyata Ini Alasan Google Tutup YouTube Gaming

0
851
Youtube gaming log
Copyright ©Ars Technica

Google Ingin Pasar Lebih Luas

Oketekno – Perlu diketahui bahwa aplikasi YouTube Gaming ini telah diluncurkan secara resmi oleh developer pada tahun 2015 silam, akan tetapi di tahun 2019 ini atau 4 tahun setelahnya, Google telah memutuskan untuk menutup aplikasi tersebut.

Untuk platform YouTube Gaming sendiri pada dasarnya untuk para konten kreator yang memang memiliki fokus pada dunia game, melakukan siaran langsung lebih mudah di platform tersebut. Kemudian para viewers juga bisa mendapatkan konten game yang benar-benar pas.

Simak Nih: Cara Konversi Video YouTube ke Format Mp4 dengan Mudah

Namun pihak Google memiliki pemikiran lain terhadap aplikasi gaming tersebut, sehingga pada tanggal 30 Mei 2019 kemarin telah resmi ditutup aplikasinya. Disebutkan kalau raksasa internet asal Amerika Serikat itu ingin menyasak pasar yang lebih luas, sehingga konten game tidak tertutup bagi mereka yang suka dengan game saja.

YouTube Gaming New
Copyright ©Oketekno

Dan tentu saja hal ini sudah dilakukan riset sebelumnya oleh Google, dimana diketemukan kalau ada 200 juta pengguna YouTube yang telah menonton dan menikmati konten game. Kemudian selama 12 bulan, para pengguna tersebut telah menghabiskan waktu sampai 50 miliar jam untuk menyaksikan konten gaming saja.

Ketahui Yuk: YouTube Bakal Punya Pesaing Baru yang Lebih Mudah Dapetin Duit

Akan tetapi untuk aktivitas sebesar itu mereka tidak memanfaatkan aplikasi YouTube Gaming, melainkan memakai YouTube Apk. Dengan demikian, Google sendiri merasa kalau aplikasi tersebut tidak bisa berfungsi secara optimal, dan dituputuskanlah untuk menutup aplikasi.

Kemudian, dalam keterangan lanjutannya dikatakan kalau Google ingin memusatkan seluruh konten gaming yang ada di platform YouTube. Hal ini dikarenakan platform tersebut dirasa lebih kompatibel untuk pengguna, karena mereka dapat menemukan berbagai macam konten video di dalamnya.

Dan tentu saja nasib para pengguna yang dahulunya fokus di platform YouTube Gaming, sekarang ini ditekan untuk beralih ke platform utama. Mereka masih bisa menikmati tampilan dan konten spesial dalam menu baru yang ada pada daftar. Sederet game populer atau sedang banyak dimainkan akan tayang dalam feature konten.

baca juga: 5 Aplikasi yang Bikin Streaming YouTube Makin Seru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.