Server YouTube Alami Gangguan, Ini Lama Waktu Google Memperbaikinya

0
498
YouTube Down
Copyright ©inquirer

Tidak Hanya YouTube yang Down

OketeknoYouTube menjadi salah satu platform media streaming paling diandalkan oleh banyak kalangan dalam mencari informasi, hiburan, hingga penghasilan. Hal ini dikarenakan platform tersebut telah dipercaya dengan keamanan serta kenyamanan dalam pelayanannya.

Akan tetapi yang namanya layanan internet, maka bisa saja mengalami gangguan di waktu tertentu. Seperti yang terjadi belum lama ini dimana YouTube dan sejumlah layanan milik Google lainnya seperti Gmail, dan G-Suite sempat mengalami down, sehingga sejumlah penggunanya sempat mengalami kendala dalam mengaksesnya.

Simak Nih: 5 Aplikasi yang Bikin Streaming YouTube Makin Seru

Namun untuk permasalahan ini tidak terjadi di seluruh Dunia, melainkan hanya terjadi di sejumlah wilayah bagian Amerika Serikat saja. Bukan cuman layanan milik Google, melainkan sejumlah layanan lain seperti Snapchat, Nest, Discord, dan sejumlah layanan website lain juga sempat mengalami down. Lantas, apakah penyebab dari permasalahan ini?

Google Cloud
Copyright ©NJ

Ternyata, yang menjadi inti permasalahannya adalah layanan Cloud milik Google, dimana menjadi wadah dan pendukung performa dari seluruh platform tersebut. Dan tentu saja atas kejadian ini yang bertanggung jawab penuh adalah sang raksasa internet asal Amerika Serikat tersebut.

Ketahui Yuk: Cara Konversi Video YouTube ke Format Mp4 dengan Mudah

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman The Verge, Google dalam memperbaiki masalah Cloud miliknya yang sekaligus menjadi server dari YouTube dan sejumlah layanan lain ini membutuhkan waktu selamat 4 jam. Dan sekarang ini layanan yang mengalami gangguan sebagaimana disebutkan di atas, telah kembali normal sebagaimana biasanya.

Perlu diketahui bahwa layanan YouTube, Gmail, dan sejumlah layanan lain ini mengalami masalah down di area East Coast AS. Akan tetapi sebagian pengguna yang ada di Eropa menyebut kendala juga dialaminya.

Disisi lain, Google menyebut kalau masalah ini terjadi karena adanya jaringan tingkat tinggi yang begitu padat di area Timur Amerika Serikat. Dalam keterangannya tersebut, tidak lupa juga perusahaan meminta maaf atas gangguannya yang terjadi pada YouTube, Gmail, G-Suite, dan sejumlah platform lainnya. “Kami meminta maaf atas pihak yang terdampak dari masalah ini.”

baca juga: Ternyata Ini Alasan Google Tutup YouTube Gaming

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.