iTunes Resmi Ditutup, Ini 3 Aplikasi Penggantinya

0
823
iTunes Tutup
Copyright ©Metro

Apple Resmi Tutup iTunes

Oketekno – Sebelumnya memang sudah ada rumor yang mengatakan kalau layanan iTunes akan ditutup oleh Apple karena dinilai terlalu berat dikarenakan sudah banyak fitur yang menjadi satu dalam layanan tersebut, dengan demikian pengguna tidak bisa menikmati performanya dengan nyaman lagi.

Dan ternyata dalam acara konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Apple kemarin, Senin (3/6/2019) bernama Worldwide Developer Congress (WWDC) 2019, perusahaan telah mengumumkan kalau pihaknya resmi menutup layanan iTunes ini untuk selama-lamanya.

Simak Nih: Benarkah Apple Bakal Matikan iTunes, Kenapa?

Akan tetapi tidak ditutup begitu saja, perusahaan asal Amerika Serikat ini juga mengumumkan pengganti dari aplikasi tersebut dan penggantinya ini tidak cuman satu, melainkan ada 3 yaitu Music, TV, dan juga Podcast. Masing-masing dari aplikasi tersebut telah mewakili fungsi secara keseluruhan dari iTunes.

iTunes Ditutup
Copyright ©Engadget

Apple telah menyebutkan kalau penghentian aplikasi iTunes ini sejalan dengan rencananya untuk melakukan penyesuaian terhadap macOS (PC/Laptop) dengan sistem operasi iOS (mobile). Tidak hanya itu saja, dengan adanya pemisahan fungsi tersebut dikatakan oleh developer kalau cara tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan eksisting Apple, seperti Apple Music dan juga Apple TV Plus di masa mendatang.

Sekedar informasi saja bahwasanya iTunes telah rilis pertama kali pada tahun 2001 silam, jadi layanan tersebut sudah beroperasi selama 18 tahun. Dan awalnya, layanan ini cuman menjadi pemutar media dan juga library saja, akan tetapi semakin kesini banyak pembaruan yang menambahkan berbagai macam fitur hingga terlalu penuh, dan ukuran file menjadi sangat besar.

Dan ketika iPod diperkenalkan, iTunes telah menjadi aplikasi yang bertugas untuk mengatur dan juga sinkronisasi musik demi kemudahan dalam penggunaan. Lalu di tahun 2007 ketika perangkat iPhone mulai muncul, fungsinya bertambah lagi yakni melakukan update, sinkronisasi, dan juga melakukan pengaturan berbagai macam file yang ada di dalam perangkat Smartphone iPhone. Tentu saja kini aplikasi tersebut sudah cukup berat untuk dijalankan.

baca juga: Diam-Diam Apple Rilis iPod Touch, Harga Mulai Rp 2 Jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.