Tips Membersihkan Laptop dengan Baik Agar Tidak Mudah Rusak

0
884
Clean Laptop
Copyright ©parenting.firstcry

Cara Agar Laptop Tetap Awet dan Bersih

Oketekno – Habis libur panjang lebaran 2019 dan ingin kembali bekerja akan tetapi Laptop yang digunakan kotor dan berdebu? Jangan khawatir guys, untuk perangkat elektronik seperti ini sebenarnya gampang kok untuk melakukan pembersihannya, akan tetapi jangan ceroboh juga karena bisa berakibat fatal terhadap perangkat.

Lama tidak dipakai dan kalau diletakkan area terbuka, maka Laptop akan lebih cepat berdebu ketimbang yang ditempatkan di dalam almari atau tempat kotakan khusus dan benar-benar safety. Nah, ketika perangkat berdebu ini tidak dapat kalian langsung meniupnya atau mengusapnya dengan kain basah secara keseluruhan, ada beberapa bagian yang penting untuk dilakukan secara hati-hati guys.

Simak Nih: 6 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Daripada resiko, yuk simak beberapa tips mudah membersihkan Laptop dari debu setelah sekian lama tidak dipakai berikut ini.

Bersihkan Laptop
Copyright ©The Irish Times

Cara Membersihkan Laptop

  1. Bersihkan Casing

Pertama yang perlu dibersihkan adalah bagian casing Laptop guys, jadi kalian tidak perlu membuka layarnya terlebih dahulu, melainkan bersihkan seluruh permukaan Laptop. Usap perlahan menggunakan tisu terlebih dahulu secara keseluruhan untuk hilangkan debu yang jelas terlihat, kemudian usap dengan kain yang sedikit dibasahi (jangan banyak-banyak, asal basah saja), jika sudah semuanya lap kembali menggunakan kain atau tisu kering untuk menyingkap cairan yang tersisa.

Baca Juga: Tips Cara yang Benar Ketika Laptop Terkena Air

  1. Bersihkan Layar

Setelah semua bagian luar bersih, beralih ke bagian layar dan kalian harus ekstra hati-hati ketika membersihkannya. Gunakan kain mikrofiber atau tisu khusus pembersih layar untuk membersihkannya, berikan sedikit air untuk menghilangkan noda membandel jika ada, namun kalau tidak ada usahakan menghindari pemakaian air pada layar.

Bersihkan Keyboard
Copyright ©howtocleanthings
  1. Keyboard

Pada bagian ini sering kali pengguna meniup debu yang ada disana, ini kurang tepat guys karena debu malah bisa masuk ke cela-cela keyboard. Condongkan keyboard dalam posisi 75 derajat terlebih dahulu, baru kemudian semprotkan udara ke bagian dalam, atau mungkin kalian bisa menggunakan kain untuk mengusap cela-cela keyboard secara vertikal dan horizontal secara berurutan.

Kemudian untuk menghilangkan lemak atau minyak yang nempel di bagian keyboard, kalian bisa menggunakan korek kuping yang sudah diolesi dengan alkohol. Usap bagian keyboard dengan bahan tersebut untuk membersihkannya.

Ketahui Yuk: Tips Menangani Touchpad Laptop Tak Berfungsi!

  1. Trackpad
Bersihkan Trackpad Laptop
Copyright ©Projekt Neptun

Tidak lupa juga bagian penting ini juga perlu dibersihkan, meski sebenarnya kalian menggunakan mouse sebagai cursor. Untuk membersihkannya, kalian bisa menggunakan kain basah yang bebas serat, kalian bisa pakai alkohol atau air untuk membasahi kain tersebut.

Seperti itulah guys beberapa tips membersihkan perangkat Laptop dengan benar yang bisa kalian coba terapkan pada perangkat Laptop kalian yang sudah lama tidak dipakai karena libur lebaran. Selamat mencoba.

baca juga: Tips Pilih Laptop yang Pas Untuk Kebutuhan Kalian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.