Akun Apple Bisa Digunakan Untuk Masuk ke Layanan Pihak Ketiga

0
1010
Apple ID
Copyright ©Kaspersky Lab

Apple Tawarkan Sistem Log-in dengan Cara Lebih Aman

Oketekno – Tidak hanya mengembangkan perangkat keras saja, melainkan Apple juga terus meningkatkan layanan software miliknya agar lebih diandalkan dan nyaman dipakai oleh setiap pengguna. Seperti yang telah disebutkan kemarin dalam acara WWDC 2019, vendor telah memperkenalkan sistem log-in baru menggunakan Akun Apple untuk masuk ke layanan tertentu.

Fitur tersebut telah diberi nama “Sign in with Apple”, dengan adanya fitur ini maka pengguna perangkat Apple dimungkinkan untuk masuk ke beberapa layanan atau aplikasi besutan pihak ketiga menggunakan akun Apple atau biasa dikenal dengan Apple ID. Kalau dilihat, fitur ini sama persis seperti Log-in with Facebook, Log-in with Google, Log-in with Twitter, dan semacamnya.

Simak Nih: Bukan Apple yang Tersaingi, Inikah yang Ditakuti AS Sehingga Tekan Huawei?

Selain itu, masuk menggunakan Akun Apple ini sendiri nantinya akan lebih direkomendasikan di perangkat besutannya, seperti iPhone maupun iPad. Untuk tata letak Sign in with Apple, nantinya akan berada pada urutan paling atas, kemudian di bawahnya baru ada Facebook, Google dan lainnya. Lalu, apa yang membedakan setiap tombol ini?

Sign with Apple
Copyright ©DigitalTrends

Sebagaimana informasi yang telah dijelaskan oleh Chief Security Researcher di Intego Mac Security bernama Josh Long, fitur yang bisa disebut sebagai Single Sign-on (SSO) milik Apple ini memiliki kelebihan yang cukup unik dibandingkan dengan Facebook dan Google. Salah satu diantaranya yakni mekanisme sistem memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan e-mail asli miliknya dari pengintaian aplikasi pihak ketiga.

Jadi, ketika disembunyikan ini nantinya Apple akan membuat e-mail secara random sebagai gantinya secara otomatis, kemudian Apple akan meneruskan informasi yang dikirim oleh pihak ketiga ke e-mail buatan ini secara langsung ke e-mail asli milik pengguna yang telah disembunyikan tadi. Dengan demikian, privasi pengguna bisa lebih aman, dikarenakan ada perantara langsung dari pihak perusahaan.

Apple telah memastikan kalau fitur terbarunya ini memiliki sistem keamanan lebih baik ketimbang SSO yang ditawarkan oleh Google ataupun Facebook. Masuk ke layanan pihak ketiga menggunakan Akun Apple ini bisa dilakukan di semua perangkat besutannya, mulai dari iPhone, iPad, Mac, Apple Watch, Apple TV, dan masih banyak lagi lainnya. Namun sekarang ini masih belum mulai diberlakukan, dan Apple sendiri juga belum mengungkap kapan mulai menggulirkan fitur barunya ini.

baca juga: Benarkah Apple Bakal Matikan iTunes, Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.