Pemuda Ini Dapat Hadiah Puluhan Juta Setelah Temukan Bug WhatsApp

0
394
WhatsApp Spyware
Copyright ©Forbes

Dapat Hadiah Puluhan Juta dari Facebook Bug Bounty

Oketekno – Untuk membuat platform miliknya berjalan dengan baik dan dapat dinikmati oleh setiap penggunannya dengan nyaman, setiap developer tentu akan melakukan pembaruan terhadap layanannya tersebut secara berkala, entah itu hanya memperbaiki bug yang terjadi di versi sebelumnya hingga menghadirkan fitur baru. Salah satu yang aktif memperbarui platform adalah WhatsApp.

Layanan yang berada dibawah naungan Facebook ini juga memiliki skema sistem temuan bug yang sama dengan beberapa platform lain, yakni siapa saja yang menemukan permasalahan bisa melaporkannya ke pihak pengembang, dan kalau memang benar terjadi maka pelapor akan mendapatkan imbalan berupa uang atau penghargaan tertentu.

Simak Nih: WhatsApp, Facebook dan Instagram Tidak Bisa Lagi Dipasang di Smartphone Huawei

Seperti yang belum lama ini terjadi dimana seorang pemuda sebagai salah satu pengguna WhatsApp telah menemukan bug pada platform pesan instant terpopuler tersebut. Pemuda ini bernama Zonel Sougjiam, dan bug yang ditemukannya adalah mengubah panggilan suara ke panggilan video secara diam-diam, atau dengan kata lain orang yang dihubungi tidak mendapatkan konfirmasi untuk melakukan vcall.

Bug WhatsAp
Copyright ©detik

“Selama panggilan suara melalui WhatsApp, bug tersebut akan memungkinkan si penelpon untuk mengubahnya menjadi ke panggilan video tanpa persetujuan dan pengetahuan di penerima telepon. Lalu penelpon kemudian dapat melihat apa yang dilakukan orang lain. Jelas itu adalah melanggar privasi dari si penelepon kepada penerima telepon,” seperti itulah yang dikatakannya kepada PTI sebagaimana dilansir dari laman Livemint.

Setelah menemukan permasalahan ini, Ia langsung melapor ke Program Facebook Bug Bounty. Ketika sudah melaporkannya, developer melakukan konfirmasi dan pemeriksaan tentang bug tersebut, ternyata memang benar terjadi. Dengan demikian, pihak Facebook segera melakukan perbaikan dan memakan waktu 15-20 hari.

Zonel sendiri juga mendapatkan imbalan atas laporan bug WhatsApp tersebut, dan ia mendapatkan hadiah US$ 5.000 atau berkisar Rp 71 juta. Tidak hanya mendapatkan uang saja, melainkan ia juga termasuk dalam salah satu anggota ‘Facebook Hall of Fame’.

baca juga: Jangan Sembarangan Sebar Info, WhatsApp Bisa Bawa Pengguna ke Ranah Hukum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.