Banyak Masalah, Negara Ini Perketat Peraturan Beriklan di YouTube

0
747
YouTube Vietnam
Copyright ©Vietcetera

YouTube Semakin Diperketat di Negara Ini

Oketekno – Platform YouTube menjadi salah satu tempat paling menjanjikan untuk promosi. Sebagian besar pemilik bisnis dan usaha telah memilih platform ini sebagai tempat untuk menayangkan iklan mereka, dalam bentuk banner, tulisan, hingga video pendek.

Akan tetapi belum lama ini pihak pemerintah Vietnam telah memperketat penayangan iklan di platform streaming media terpopuler di Dunia ini. Mereka telah meminta kepada perusahaan lokal agar tidak beriklan di video yang di hosting oleh YouTube, terutama yang memuat tentang propaganda anti Negara.

Simak Nih: Cara Konversi Video YouTube ke Format Mp4 dengan Mudah

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Reuters, terlepas dari masa reformasi ekonomi dan meningkatnya keterbukaan terhadap perubahan sosial, Partai Komunis yang berkuasa di Negara tersebut telah mempertahankan sensor ketat terhadap media Vietnam agar tidak mentolerir perbedaan pendapat.

Aplikasi YouTube
Copyright ©TechCrunch

“Google ditemukan secara longgar mengelola kontennya, memungkinkan pengguna membeli iklan langsung dari YouTube dan Google tanpa keterlibatan agen iklan domestik,” seperti itulah yang disampaikan oleh perwakilan dari Kantor Berita Vietnam, VNA. Dan merujuk terhadap pernyataan Kemkominfo Vietnam tanggal 7 Juni 2019 kemarin.

Pihak Kementerian tersebut telah mendaftarkan beberapa perusahaan asing seperti Samsung Electronics, Huawei Tech., Yamaha Motors, hingga aplikasi transportasi Grab. Perusahaan tersebut disinyalir telah menayangkan video iklan yang ilegal dan berbahaya.

Ketahui Yuk: 5 Aplikasi yang Bikin Streaming YouTube Makin Seru

Ketika diidentifikasi oleh Kemkominfo Vietnam, ditemukan sebanyak 55 ribu Video YouTube yang masuk dalam kategori berbahaya dan melanggar hukum pemerintah setempat. Akan tetapi sekarang 8.000 konten sudah dihapus atas permintaan otoritas Vietnam.

“Dalam waktu dekat, pihak berwenang akan meminta YouTube untuk mengidentifikasi saluran (yang ada di) Vietnam, dan hanya yang tersertifikasi yang akan dipertimbangkan untuk berbagi pendapatan iklan,” seperti itulah informasi yang disampaikannya.

Perlu diketahui bahwa Vietnam memiliki Undang-Undang kontroversial terkait keamanan siber dimana yang sudah mulai diberlakukan sejak bulan Januari 2019 kemarin. Perusahaan diharuskan mendirikan kantor di Negara setempat dan menyimpan datanya disana.

baca juga: 3 Tips Mendatangkan Pengunjung YouTube Gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.