Pernyataan Palsu Bos Facebook Ini Viral di Instagram

0
386
Facebook Phone
Copyright ©Entrepreneur

Video Deepfake Bos Facebook Tersebar di Instagram

Oketekno – Dalam beberapa waktu terakhir ini bos Facebook bernama Mark Zuckerberg telah menjadi bahan perbincangan banyak orang, dan permasalahan paling menonjol yang nampak dari dirinya adalah terkait masalah skandal privasi dan juga filtrasi konten negatif yang mana kini telah berusaha untuk dibenahi.

Nah, disamping itu kini telah beredar video yang muncul di linimasa Instagram, dan video tersebut telah menampilkan petinggi perusahaan raksasa sosial media tersebut. Mark Z dalam video ini telah memberikan pandangannya terkait kekuatan big data.

Simak Nih: WhatsApp, Facebook dan Instagram Tidak Bisa Lagi Dipasang di Smartphone Huawei

“Bayangkan hal ini sebentar saja: satu orang, dengan kendali penuh menguasai data, rahasia, hidup dan masa depan miliaran orang. Itu semua berkat Spectre. Spectre menunjukkan padaku siapa pun yang menguasai data akan menguasai masa depan,” seperti itulah pernyataan yang diungkapnya.

Big Data Facebook
Copyright ©Instagram

Akan tetapi yang menjadi perhatian netizen bukan hal tersebut, melainkan keaslian video yang tengah viral di Instagram ini. Dalam video yang memperlihatkan bos Facebook tersebut tidak memperlihatkan sosok aslinya, melainkan menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengubah wajahnya menjadi Mark Zuckerberg, atau skema seperti ini sering disebut sebagai video deepfake.

Ketahui Yuk: Pengacara Facebook Sebut Pengguna Sosmed Tak Punya Hak Privasi

Sebagaimana dilansir dari laman CNET, untuk deepfake ini telah dibuat menggunakan teknologi AI yang mana memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan terhadap wajah hingga tubuh seseorang secara detail hanya dengan mengambil sample dari beberapa foto yang didapatkan saja.

Jadi, orang lain bisa mengutarakan atau melakukan suatu hal dengan wujud atau bentuk wajah yang ditargetkan. Dengan demikian, pernyataan Mark Zuckerberg dalam video yang viral di Instagram ini tidak diungkapkan langsung olehnya, melainkan oleh orang lain kemudian diproses dengan teknologi AI untuk menciptakan hasil deepfake video, sehingga wajah hingga gaya bicaranya persis seperti yang dimiliki oleh sang pendiri Facebook tersebut.

Memang sih dengan teknologi yang semakin canggih seperti ini, kita dapat melakukan beberapa hal dengan mudah. Akan tetapi sering kali teknologi tersebut disalahgunakan sehingga meresahkan banyak masyarakat, seperti video deepfake seperti ini salah satunya.

baca juga: Bos Instagram Sejalan dengan Pemikiran CEO Facebook, Apa Itu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.