Kominfo Pertimbangkan Peraturan Penggunaan VPN di Indonesia

0
810
VPN Access
Copyright ©HiTekno

Kominfo Terus Kaji Pemakaian VPN Ini

OketeknoLayanan VPN ini pada dasarnya sudah ada sejak lama, akan tetapi beberapa waktu terakhir ini internet jalur khusus tersebut menjadi perbincangan publik. Sejak pemblokiran dilakukan terhadap layanan WhatsApp, Facebook, dan juga Instagram bulan Mei kemarin, sebagian besar pengguna memakai akses VPN untuk tetap bisa menggunakan akun sosmed miliknya.

Berkaitan dengan maraknya layanan Virtual Private Network di Indonesia ini, pihak pemerintah sekarang ini tengah melakukan pengkajian terhadap layanan tersebut. Kominfo sendiri juga telah membuka kemungkinan kalau pihaknya akan melakukan pengaturan terhadap izin layanan VPN di Tanah Air.

Simak Nih: Cara Melawan Bot di Mode Classic Mobile Legends Tanpa VPN Biar Mudah Menang

Samuel Pangerapan selaku Dirjen Aplikasi Informatika, sebagaimana dikutip dari media KompasTekno, Jum’at (14 Juni 2019) telah mengatakan kalau langkah ini diambil karena layanan VPN gratis memunculkan resiko pencurian data pengguna, dan layanan tersebut juga berpotensi untuk menyebarkan spyware terhadap pengguna internet.

Samuel Kominfo
Copyright ©KompasTekno

Dari kabar yang dilansir dari media Antaranews, meski dikaji kalau layanan VPN harus berizin, akan tetapi Kominfo menegaskan kalau pihaknya tidak bakal memberlakukan larangan menggunakan VPN di Indonesia, meski nantinya aturan ini diterbitkan.

Perlu diketahui bahwa layanan VPN ini sebenarnya cukup banyak manfaatnya dan bahkan perusahaan seperti perbankan juga memanfaatkannya untuk melindungi data pengguna dari resiko terjadinya pencurian data. Jadi, bukan hanya untuk mengakses situs terblokir seperti Netflix saja ya guys, melainkan ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan pengguna saat mengakses internet menggunakan jalur private tersebut.

Mengapa ada penyedia layanan VPN yang menawarkannya secara gratis? Samuel telah menjawab kalau “Semua ISP punya layanan VPN, karena tersambung dengan layanan internet lainnya.” Berkaitan dengan masalah ini, Kominfo hingga sekarang masih belum memastikan tentang kapan regulasi ini bakal selesai dibuat. Dan saat ini pihaknya juga masih terus melakukan pengkajian agar tidak membuat keputusan yang malah merugikan di masa mendatang. Tunggu saja keputusannya.

baca juga: 4 Tips Streaming Via Netflix

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.