Pemerintah Indonesia Bisa Sadap WhatsApp? Begini Faktanya

0
992
WhatsApp Indonesia
Copyright ©Tech in Asia Indonesia

WhatsApp Masih Pertahankan Keamanan Pesan Pengguna

Oketekno – Layanan pesan instant WhatsApp begitu populer di Indonesia, berbagai macam kalangan telah memasang dan menjadikannya sebagai layanan komunikasi utamanya. Akan tetapi beberapa waktu terakhir ini mereka mulai mendapati keraguan, dan memiliki pemikiran kalau pesannya sudah tidak aman lagi.

Beberapa diantaranya memiliki anggapan kalau pihak kepolisian ataupun pemerintah dapat melakukan Sadap Pesan WhatsApp. Berkaitan dengan masalah ini, media Tempo berusaha untuk menghubungi induk perusahaannya yang ada di Tanah Air, Facebook Indonesia.

Simak Nih: Bug WhatsApp, Berhenti Mendadak Saat Panggilan dan Munculkan Notif Ini

“Tidak dong, kan personal chat dan group semuanya pakai end to end encryption,” seperti itulah penjelasan juru bicara Facebook Indonesia sebagaimana yang Oketekno kutip dari media Tempo, Selasa (18 Juni 2019.

Boomerang WhatsApp
Copyright ©Ohayo

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah melakukan patroli siber juga, hal ini berkaitan dengan penyebaran informasi palsu alias Hoax yang marak terjadi pada layanan pesan instant terpopuler di Dunia itu.

Ketahui Yuk: Cara Menggunakan WhatsApp Web di iPad atau Tablet Android

WhatsApp apk lebih ketat pengawasannya, dikarenakan memang layanan tersebut sering kali dijadikan alat untuk penyebaran hoax lebih ampuh ketimbang melalui Facebook, Instagram, ataupun Twitter. Kombes Pol. Rickynaldo Chairul, Kepala Subdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah menyebut kalau penyebar hoax ini sudah mulai pindah dari medsos ke Grup WhatsApp, karena lebih aman dari pengawasan pihak kepolisian RI.

Dari informasi yang dilansir dari News18, WhatsApp sendiri juga memperhatikan keamanan serta privasi para penggunanya. Akan tetapi aplikasi pesan instant tersebut juga menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah dan kepolisian setempat untuk mengambil tindakan segera jika ditemukan pelanggaran hukum.

Untuk mengetahui pelanggar ini, pihak WhatsApp telah mengumpulkan sederet data umum seperti penyebaran pesan dalam waktu tertentu, dan beberapa perilaku mencurigakan pengguna lainnya, sedangkan isi pesannya tetap menjadi rahasia pengguna.

baca juga: Cara Mengganti Nomor WhatsApp Supaya Data Kalian Tidak Hilang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.