Iklan Huawei Mulai Dibersihkan di Facebook

0
374
Huawei Smartphone Start Up
Copyright ©Moneycontrol

Facebook Bersihkan Iklan Huawei Berbau Politik

Oketekno – Setelah mengalami konflik dengan pemerintah Amerika Serikat, kini Huawei terus mengalami penekanan yang terus bertambah berat setiap harinya. Tidak hanya dibatasi dalam pemasokan hardware dan software saja, melainkan kini pelayanan terhadap perusahaan asal China itu juga mulai dibatasi.

Diketahui belum lama ini iklan Huawei mulai dibersihkan di jejaring sosial terbesar di Dunia, Facebook. Perusahaan yang bermarkas pusat di Negeri Paman Sam tersebut telah melaporkan kalau pihaknya menghapus sejumlah iklan Huawei karena dianggap terlalu berbau politis, tidak transparan, dan berkaitan dengan kepentingan nasional juga.

Simak Nih: Jaga Kualitas Postingan, Facebook Bakal Nilai Komentar Pengguna

Salah satu dari sekian banyak iklan yang telah dihapus oleh Facebook yakni konten yang menayangkan Deputy Chairman Huawei bernama Ken Hu, dimana ia berkata mengenai pencampuran politik dengan teknologi di Postdam Conference on National Cybersecurity.

Iklan Huawei Politic
Copyright ©Business Insider

“Kami tidak ingin melihat tembok baru lainnya, baik dalam hal perdagangan maupun teknologi. Apa yang kita butuhkan adalah ekosistem global yang terintegrasi,” seperti itulah pernyataan yang tercantum dalam poster iklan tersebut.

Ketahui Yuk: WhatsApp, Facebook dan Instagram Tidak Bisa Lagi Dipasang di Smartphone Huawei

Untuk iklan ini sendiri sudah tayang lebih dari sejuta pengguna Facebook, dan sebagian besar menyebar di India. Meski demikian, masih belum diketahui siapakah yang mendanai penayangan iklan tersebut. Padahal dalam kebijakan penayangan iklan di raksasa sosmed ini harus menerangkan secara jelas siapa yang bertanggung jawab atas iklan terkait sosial, pemilu, dan juga politik.

Kemudian untuk penayangan iklan sejenis juga beredar di Eropa, yang mana telah menampilkan Jakub Hera Adamowocz (Huawei EU Communication Executive) dan Sophie Batas (Director of Cybersecurity and Privacy). Berkaitan dengan hal tersebut, perwakilan Facebook telah mengatakan kalau pihaknya memblokir iklan ini karena memang Uni Eropa telah melarang terkait penayangan iklan yang berbau politik.

Terlepas dari iklan, Huawei sendiri mulai bulan September mendatang sudah tidak akan dilengkapi dengan aplikasi Facebook lagi, sehingga pengguna harus mengunduhnya melalui media web atau mungkin toko aplikasi yang sudah disiapkan oleh Huawei sendiri. Sebab untuk layanan Play store sendiri juga bakal ditiadakan mulai Agustus 2019 nanti.

baca juga: Segera Rilis, Mastercard Hingga Uber Dukung Kehadiran Crypto Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.