Bukan Singapura, Berikut Negara Pertama ASEAN yang Punya 5G

0
1695
Jaringan 5G
Copyright ©VnReview

Indonesia Sudah Dalam Tahap Pengembangan Juga

Oketekno – Kalau dilihat dari segi teknologi dan perkembangan serta kepercayaan berbagai vendor Smartphone Premium Dunia, Singapura menjadi Negara paling di sorot di Asia Tenggara. Namun ternyata, dalam adopsi teknologi 5G Negara tersebut masih masih tertinggal dengan Negeri tetangga, yakni Filipina.

Belum lama ini Filipina telah di sahkan sebagai Negara Asia Tenggara yang bakal mengadopsi jaringan 5G untuk dinikmati oleh warganya secara luas. Salah satu perusahaan yang mengusahakan untuk menghadirkan jaringan komersial tercepat di Dunia saat ini dalam waktu singkat di Negara tersebut adalah Globe Telecom.

Simak Nih: Bos Realme Ungkap Lagi Kehadiran Smartphone 5G Pertamanya

Dan lagi-lagi Huawei menjadi dalang dibalik penyediaan infrastruktur pembangunan jaringan terbaru 5G ini di Filipina. Informasi ini telah disampaikan langsung oleh Chief Business Officer Globe Telecom bernama Alberto Lara Savar.

5G Filipina
Copyright ©Press24

Sebagaimana informasi yang dilansir dari media Xinhua News Agency, dalam tahap awal nantinya Globe Telecom akan menerapkan jaringan 5G untuk penyediaan layanan broadband di rumah dan juga kantor. Selain itu, pihaknya juga mengklaim kalau teknologi 5G ini nanti bakal menambah kecepatan transmisi jaringan di wilayahnya hingga 100Mbps.

Kemudian untuk operator lain yang juga turut menyediakan jaringan 5G di Filipina adalah Philippine Long Distance Telephone (PLDT) Telecom. Operator ini disebutkan sudah menjalin kerjasama dengan Huawei untuk menghadirkan jaringan 5G di Negaranya. Sekarang ini cuman tinggal meenunggu PLDT Telecom menggulirkan layanan ini ke publik.

Ketahui Yuk: Kamera ASUS Zenfone 6 Jadi yang Terbaik di Dunia, Galaxy S10 5G Tergeser!

Negara berikutnya yang sudah berencana menghadirkan jaringan 5G wilayah Asia Tenggara yakni Malaysia, kemarin lalu dikabarkan kalau Nokia telah menjalin kontrak dengan Operator U Mobile untuk penyediaan layanan 5G di Negaranya, dan direncanakan uji coba akan dilakukan pada tahun ini.

Dan Singapura rencananya baru akan menerapkan jaringan 5G ini ke masyarakat luas pada tahun 2020 mendatang. Lee Hsien Loong selaku Perdana Menteri Singapura sempat menyebutkan kalau Negaranya masih belum menentukan hendak memakai vendor mana untuk pengadaan jaringan 5G ini, apakah Huawei atau Nokia.

Lalu di Indonesia cukup beragam dimana Telkomsel sudah menjalin kerjasama dengan Ericsson sebagai penyedia teknologi jaringan inti core dalam pengembangan jaringan 5G ini di Tanah Air. Sedangkan Smartfren telah kejasama dengan ZTE dan siap melakukan uji coba di tahun ini.

baca juga: Moto Z4 Resmi Dirilis, Smartphone Kelas Menengah yang Dukung Jaringan 5G

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.