Menkominfo Minta Facebook Wajib Pakai Nomor HP Untuk Buka Akun

0
260
Copyright ©Fortune

Tujuan Rudiantara yakni Bisa Tangkap Penyebar Hoaks Lebih Cepat

Oketekno – Berbagai macam cara sudah dilakukan oleh platform sosial media untuk memberantas beragam konten jahat dan spamming di sosial medianya. Disisi lain, Kemkominfo juga melakukan hal serupa guna memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat Indonesia dalam menjalajah Dunia Internet. Dan salah satu fokus utamanya yakni platform Facebook, karena memang perusahaan itulah yang merupakan terpopuler di Tanah Air.

Dan belum lama ini Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika telah meminta sejumlah platform besar sosial media untuk membuat sistem keamanan yang ikut serta memasukkan nomor ponsel pengguna untuk membuka akun. Hal ini bertujuan untuk melakukan deteksi lebih cepat terhadap berita kebohongan, dikarenakan nomor HP masyarakat juga sudah terdaftar di database kependudukan setelah registrasi kemarin.

Simak Nih: Harga Bitcoin Meroket Lagi Sampai Segini Berkat Mata Uang Facebook

Namun disamping itu, pihak Facebook ketika dimintai keterangan tidak melontarkan jawaban tentang permintaan yang diajukan oleh Menkominfo tersebut. Akan tetapi juru bicara FB Indonesia mengatakan kalau selama ini pihaknya telah menyediakan opsi untuk memasukkan nomor telepon, meski tidak bersifat wajib juga.

Facebook Messenger new feature
Copyright ©Unbox

“Kalau pencantuman nomor ponsel itu memang sudah diterapkan sebagai opsi saat mendaftar akun,” seperti itulah yang dikatakan oleh jubir Facebook Indonesia. Dan ini juga sudah tercantum pada laman blog resmi Facebook, dimana menyatakan kalau pengguna dapat membuat akun baru dengan menyertakan informasi nama, password, tanggal lahir, gender, e-mail atau nomor ponsel.

Bukan cuman untuk akses masuk saja, bahkan nomor ponsel pengguna juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengaktifkan sistem keamanan autentikasi 2 faktor guna mendapatkan keamanan akun lebih lanjut.

Hari yang lalu Rudiantara mengatakan kalau pihaknya sudah mengirimkan permintaan ke beberapa layanan sosial media populer di Indonesia mengenai aturan membuka akun milik mereka dengan nomor ponsel. Ini berkaitan dengan pencegahan penyebaran hoax secara bebas di medsos. Ia meminta penyedia layanan seperti Facebook, Twitter, atau yang lain mampu menggunakan machine learning miliknya untuk deteksi kabar hoaks dengan cepat.

baca juga: Sederet Tanda Buruk yang Menghantui Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.