Batasi WhatsApp Tanpa Pemberitahuan, Kominfo Digugat Rp 22 M

0
422
Copyright ©Firstpost

Kominfo Digugat Rp 22 M Karena Batasi Layanan Facebook Bulan Lalu

Oketekno – Peristiwa yang cukup mencekam di Jakarta Pusat pada tanggal 21-22 Mei 2019 kemarin telah berimbas ke masyarakat Indonesia secara luas. Hal ini dikarenakan pihak pemerintah alias Menkominfo telah memutuskan untuk melakukan pembatasan terhadap layanan komunikasi dan populer seperti WhatsApp, Facebook, hingga Instagram.

Atas pembatasan tersebut, sejumlah masyarakat bahkan mengaku ada yang tidak dapat mengakses layanan sama sekali, mereka tidak dapat mengirimkan pesan teks ataupun file, mengakses sosmed miliknya, atau menjelajahi linimasa Instagram.

Simak Nih: WhatsApp Siapkan Fitur Untuk Pengguna Lebih Teliti Kirim Foto

Dan ternyata peristiwa dadakan tersebut seolah tidak diterima oleh sejumlah pihak, belum lama ini diberitakan sejumlah pengacara yang tergabung dalam firma hukum Mulkan Let-Let & Partners telah menggugat pihak Menkominfo untuk ganti rugi senilai Rp 22 M.

Mulkan Gugat Menkominfo
Mulkan setelah ajukan gugatan ke Menkominfo di PN Jakpus; Copyright ©nusantaratvfaceb

“Tindakan Menkominfo ini sangat merugikan kami, khususnya dalam menjalankan bisnis maupun tugas kami sebagai advokat. Kita tuntut ganti rugi Rp 22 miliar. Masyarakat di sana juga banyak mengalami kerugian akibat tindakan Menkominfo ini,” seperti itulah yang dikatakan oleh Mulkan Let-Let setelah mendaftarkan gugatannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (24 Juni 2019), sebagaimana kami lansir dari NusantaraTV.

Bukan cuman tanpa pengumuman saja, dianggap kalau keputusan yang dilakukan oleh Kominfo ini juga sudah menyalahi aturan dikarenakan tidak dilandasi dengan hukum yang jelas. Tidak hanya menuntut untuk ganti rugi, melainkan Mulkan juga meminta Menkominfo untuk melakukan minta maaf kepada seluruh masyarakat.

Sebagai perbandingan, Mulkan mencontohkan dengan layanan PLN dimana ketika hendak mematikan pelayanan selama 20 menit saja pasti ada pemberitahuan sebelumnya, terlebih dampaknya juga terhadap masyarakat secara langsung. Namun kalau layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram kemarin sampai seharian bahkan lebih lama saja tanpa pemberitahuan dinilai sangat merugikan masyarakat, terlebih tanpa adanya pengumuman jelas terkait pengaksesan secara normalnya.

baca juga: Tidak Banyak yang Tau, Begini Cara Dengar Pesan Audio WhatsApp Tanpa Berisik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.