Google Play Store Bersihkan Ribuan Aplikasi Android Berbahaya, Dua Game Populer Ini Termasuk

0
2077
Google Play Store App
Copyright ©Chromplex

Pengguna Perangkat Android Harap Berhati-Hati Saat Pasang Aplikasi

Oketekno Google Play Store merupakan markasnya aplikasi Android, dimana para pengguna perangkat bisa mendapatkan aplikasi secara gratis/ berbayar pada platform ini. Bisa dibilang mengunduh aplikasi di toko aplikasi milik Google ini lebih aman dan rekomendasi ketimbang situs penyedia pihak ketiga.

Namun kalau dibilang 100% aman tidak bisa, dikarenakan Google Play Store sekarang ini masih mengandung cukup banyak aplikasi berbahaya yang harus diwaspadai oleh para pengguna hp android. Dari penelitian yang dilakukan oleh University of Sydney dan Data61 of CSIRO telah didapati sebanyak 2.040 aplikasi android yang berbahaya.

Simak Nih: Bos Pocophone Pastikan Gulir Update Android Q, Poco F1 Termasuk?

Dan lebih parahnya lagi adalah beberapa diantara ribuan aplikasi tersebut memiliki tingkat popularitas luar biasa dan banyak pengguna yang tidak menyadari akan hal tersebut. Para peneliti tersebut telah melakukan pemantauan terhadap 1 juta aplikasi di Play Store, dan hasilnya yakni telah ditemukan cukup banyak aplikasi palsu bertebaran di toko aplikasi Google ini.

Play Store
Copyright ©SINDOnews

Memang sih tidak mengandung malware, akan tetapi aplikasi android ini tetap dianggap berbahaya dikarenakan telah meminta izin untuk mengakses data, padahal ini tidak ada hubungannya dengan bisnis mereka yang tengah dijalankan melalui game atau aplikasi tersebut. Dua aplikasi berbahaya yang populer sekali di kalangan pengguna yakni Hill Climb Racing dan Temple Run.

Para peneliti ini telah menggunakan jaringan neural dan Machine learning untuk melakukan analisa terhadap banyak aplikasi. Telah diciptakan algoritma baru untuk mencari deskripsi teks yang sama dan ikon visual mirip dengan 10.000 aplikasi populer. Dan hasilnya yakni ada sebanyak 49.608 aplikasi yang memiliki potensi ancaman terhadap pengguna perangkat.

Kemudian mereka juga memanfaatkan layanan VirusTotal dan menemukan sebanyak 7.246 telah ditandai sebagai berbahaya, dan 2.040 aplikasi android lainnya merupakan palsu serta memiliki resiko tinggi. Kemudian untuk 1.565 aplikasi memiliki izin sensitif, dan 1.407 aplikasi telah membenamkan perpustakaan iklan dari pihak lain.

baca juga: 3 Smartphone Huawei Ini Dipastikan Dapat Update Android Q

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.