Penyebab Shutdown di Windows 10 Terbaru Terasa Lama

0
1321
Windows 10 Laptop
Copyright ©Instructables

Windows 10 Update Bikin Shutdown Makin Lama

Oketekno – Sistem operasi Windows 10 terus mendapatkan pembaruan secara berkala, tidak hanya untuk meningkatkan pengalaman penggunaan saja, melainkan untuk sistem keamanannya juga akan terus ditingkatkan sehingga malware atau virus berbahaya tidak akan masuk ke dalam perangkat Komputer atau Laptop pengguna.

Namun dalam update Windows 10 versi 1809 kemarin ternyata sebagian besar pengguna merasakan shutdown atau mematikan perangkat terasa lebih lama jika dibandingkan dengan biasanya. Ternyata ini memang benar kejadiannya, bukan cuman perasaan saja karena ada permasalahan yang tengah terjadi dalam versi tersebut.

Simak Nih: Cara Mudah Mencari Product Key Untuk Windows 10, Cukup 1x Klik!

Proses mematikan Komputer atau Laptop yang lebih lama ini telah disebabkan oleh bug USB-C pada versi tersebut, dan permasalahan ini sendiri juga sudah dikonfirmasi langsung oleh pihak Microsoft. Meski demikian, perusahaan tidak memasukkannya ke dalam daftar masalah update 1809, melainkan mengunggahnya di FAQ dalam blog resmi Microsoft USB.

Shutdown or sleep PC
Copyright ©YouTube

Sebagaimana dilansir dari Zdnet, disebutkan kalau bug ini muncul ketika microsoft telah mengimplementasikan USB Type-C Connector Software Interface alias UCSI milik Intel pada sistem operasi Windows 10 versi terbarunya. Dengan adanya permasalahan tersebut, Komputer atau Laptop yang dijalankan dengan OS ini akan mengalami penundaan waktu selama 1 menit.

Ketahui Yuk: Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak Beserta Penjelasannya

Namun untuk penundaan ini akan terjadi ketika pengguna mencoba mematikan Komputer ketika software UCSI juga tengah berjalan. Atau dengan kata lain, ketika pengguna sudah memencet tombol shutdown, dan telah berproses lalu pengguna mencopot sesuatu seperti docking, Charger, perangkat penyimpanan, atau lainnya yang terhubung ke USB-C.

“Sebuah dalam implementasi software USB Type-C Connector System Software Interface (UCSI) di Windows 10 versi 1809 bisa menyebabkan penundaan 60 detik dalam proses sleep atau shutdown jika proses mematikannya terjadi saat software UCSI sibuk mengurus perangkat yang dihubungkan atau dicabut dari port USB Type-C. Selain tambahan waktu satu menit ketika proses sleep atau shutdown, bug ini tak berdampak pada fungsi USB Type-C dalam mesin anda. Sistem dan port USB Type-C akan berfungsi normal saat sistem dinyalakan kembali,” seperti itulah penjelasan Philip Froese dari Microsoft.

Permasalahan ini hanya berdampak pada durasi mematikan Komputer atau Laptop yang dijalankan dengan OS Windows 10 saja guys, tidak berpengaruh terhadap keamanan perangkat yang terhubung atau kerusakan lainnya. So, tunggu waktunya saja hingga perusahaan telah merilis pembaruan untuk memperbaiki masalah ini.

baca juga: Pengguna Smartphone Android Bisa Tampilkan Notifikasi di Windows 10, Caranya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.