Apple Tolak Teknologi Quantum Dot yang Bisa Sulap Kamera Jauh Lebih Baik?

0
958
Apple iPhone Cancelled Quantum Dot Technologies
Copyright ©Yahoo News

Quantum Dot Bisa Buat Lensa Ataupun Layar

Oketekno Apple memang terkenal dengan sifatnya yang tidak perduli terhadap berbagai macam rumor yang bertebaran di Jagat Maya, dan pihaknya juga jarang sekali bahkan tidak pernah ekspose tentang apa yang tengah di garapnya. Meski demikian, tetap ada berbagai macam bocoran tentang sang vendor dari berbagai pihak.

Seperti yang terjadi belum lama ini dimana dikabarkan kalau Apple telah membatalkan kerjasamanya dengan Nanoco, perusahaan yang memiliki keahlian dalam pengembangan teknologi Quantum Dot. Lantas, apakah teknologi Quantum Dot ini? Apakah bermanfaat bagi perangkat Smartphone?

Baca Juga: Apple Siapkan iPhone XR dengan Baterai Lebih Besar?

Kalau bermanfaat sih iya, dikarenakan teknologi ini mampu meningkatkan kualitas hasil jepretan dari kamera mobile jauh lebih baik jika dibandingkan tanpa quantum dot. Layaknya perangkat televisi kelas atas, dimana lensa dimungkinkan untuk memiliki kendali cahaya yang lebih presisi sehingga objek yang ditangkap memiliki kualitas lebih nyata dan jelas.

Quantum Dot Technology
Copyright ©Stockholms universitet

Jika memang teknologi quantum dot ini diterapkan pada Smartphone iPhone masa mendatang, tentu saja kualitas jepretan yang dihasilkan jauh lebih baik dibandingkan dengan perangkat iPhone generasi sebelumnya. Termasuk ketika digunakan untuk kebutuhan Augmented Reality (AR).

Baca Juga: Bukan Apple yang Tersaingi, Inikah yang Ditakuti AS Sehingga Tekan Huawei?

Masalah bahannya, quantum dot ini telah tercipta dari nano-kristal yang tersusun dari berbagai macam bahan material semikonduktor dimana memiliki karakteristik spesial dengan mekanik quantum. Dan kelebihannya yang menjadi daya tarik dari berbagai kalangan yakni terkait kemampuannya untuk memancarkan spektrum cahaya yang sangat sempit, karena materialnya bisa diatur sedemikian rupa.

Tidak hanya tengah dilirik oleh pembuat Smartphone yang membutuhkan lensa kamera lebih berkualitas saja, melainkan sebagian perusahaan pemasok layar juga tengah tertarik untuk menggunakan bahan material khusus dari teknologi quantum dot tersebut.

Kembali terhadap perusahaan Apple, dimana sudah tertarik terhadap teknologi quantum dot ini sejak tahun 2013 silam. Pada tahun itu, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini telah mematenkan OLED hybrid dan QD (quantum dot) LED display.

baca juga: Akun Apple Bisa Digunakan Untuk Masuk ke Layanan Pihak Ketiga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.