Awas! Ubah Video YouTube ke MP3 Bisa Rusak Perangkat Loh

0
345
YouTube Danger
Copyright ©Indiatimes

Unduh YouTube MP3 Harus Hati-Hati

Oketekno – Tidak hanya dibuat untuk menikmati konten video saja, melainkan beberapa kalangan ada yang memilih untuk dijadikan sebagai hiburan musik. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan musik dalam nada resmi dari artisnya langsung di media YouTube lebih mudah ketimbang di platform lain.

Dan ketika pengguna hendak menginginkan lagu tersebut secara offline, maka yang harus dilakukan yakni mengunduhnya. Namun untuk mendapatkan Musik ini kapasitas unduhannya lebih besar karena memang berupa video. Meski demikian ada solusi untuk mengantisipasi hal tersebut, yakni mengubah video youtube ke MP3.

Baca Juga: Trik Sembunyikan Beberapa Video Rekomendasi di Aplikasi YouTube

Akan tetapi bagi kalian yang sering melakukan unduhan video youtube dalam format MP3 ini sekarang perlu hati-hati guys. Dikarenakan situs penyedia layanan ini kebanyakan mengandung virus, dimana dapat menyesatkan penggunanya. Bukan cuman itu, malware yang ada dalam situs tersebut ketika sudah menginfeksi, maka bisa sampai merusak perangkat kalian loh.

YouTube MP3
Copyright ©Apowersoft

Dari informasi yang dilansir dari laman ZDNet, untuk kejadian ini biasa disebut dengan malvertising, dan hal ini terkadang digunakan oleh para peretas untuk menipu pengguna Internet dalam target yang lebih luas. Bukan cuman dari situs yang telah dirancang sendiri, melainkan dari pengunjung layanan dan domain asli, melalui iklan yang ditayangkan.

Baca Juga: Bosan dengan Indonesia? Yuk Ikuti Cara Ini Untuk Lihat Video Trending YouTube Negara Lain

Biasanya untuk malware seperti ini akan disematkan pada iklan, dimana pengguna yang mengklik akan diarahkan ke situs palsu yang mana akan melakukan payload berbahaya. Salah satu layanan yang kini terancam adalah Video YouTube to MP3 Converter (onlinevideoconverter.com).

Jérôme Segura selaku salah satu peneliti dari Malwarebytes telah mengatakan kalau malware ini tersebar melalui server yang digunakan untuk menyebarkan iklan, termasuk salah satunya di situs tersebut. Dan perlu diketahui bahwa situs onlinevideoconverter.com merupakan situs hasil pencarian paling atas ketika pengguna internet masukkan kata kunci “Youtube MP3”, sehingga korban yang termakan lebih besar.

Tidak masalah sih sebenarnya, kalian menggunakan layanan pihak ketiga online untuk dapatkan video youtube dalam file Mp3. Akan tetapi akan lebih aman kalau kalian menggunakan aplikasi converter offline saja untuk mengubah format tersebut, namun ya harus mendapatkan dari situs download terpercaya juga agar tidak salah pasang aplikasi.

baca juga: Nikmati Musik di YouTube Kini Bisa Tanpa Internet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.