Kamu Harus Tau, Ini Nih 2 Manfaat Baik Ketika Sering WhatsApp-an

0
549
WhatsApp Kesehatan
Copyright ©Digital Republik

Sering Main WhatsApp Bisa Berdampak Positif Loh Ternyata

Oketekno – Untuk sekarang ini komunikasi sudah bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus membayar dalam biaya mahal, dikarenakan telah ada solusi berbagai macam layanan online yang bisa dinikmati oleh setiap pengguna dalam biaya murah. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instant terpopuler dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Namun dikarenakan terlalu sering WhatsApp-an, muncul dugaan kalau aplikasi tersebut berbahaya karena menyita banyak waktu pengguna serta cenderung pasif di Dunia Nyata, dan ini tidak baik untuk mental. Apakah benar demikian? Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan, mengungkap kebalikannya guys malah.

Baca Juga: Cara Simpan Foto atau Video Status WhatsApp Teman Tanpa Screenshot

Disebutkan dalam hasil studi ini kalau sering WhatsApp-an malah bisa menyehatkan psikologis pengguna, atau tepatnya meningkatkan rasa percaya diri dan memperkecil kemungkinan untuk merasa kesepian. Hasil tersebut telah disampaikan dalam judul “Psychosocial Outcomes Associated with Engagement with Online Chat Systems”, sebagaimana yang dikutip dari NDTV.

Copyright ©Firstpost

Bahkan dalam studi tersebut dikatakan kalau semakin banyak seseorang menghabiskan waktunya di aplikasi WhatsApp setiap harinya, maka rasa kesepiannya akan semakin berkurang. Dan mereka juga bisa lebih percaya diri dikarenakan merasa lebih dekat dengan teman ataupun keluarga.

“Ada banyak perdebatan mengenai apakah menghabiskan waktu di media sosial buruk buat diri kita, tapi kami mendapati bahwa mungkin nyatanya tidak seburuk yang kita duga. Semakin banyak orang menghabiskan waktu di WhatsApp, mereka bisa merasa kian dekat kepada teman dan keluarga, dan mereka merasakan hubungan tersebut benar-benar berkualitas. Lebih eratnya hubungan persahabatan itu dan semakin orang merasa dekat dengan grup WhatsApp mereka, kian besar pula hal itu berdampak positif ke rasa percaya diri dan kompetensi sosial,” seperti itulah yang disampaikan oleh Linda Kaye selaku Professor di Universitas Edge Hill.

Dalam proses studi ini, mereka telah melibatkan 200 pengguna aplikasi WhatsApp, dimana 158 diantaranya perempuan dan sisanya adalah laki-laki, dan rata-rata umur mereka yakni 24 tahun. Diketahui kalau masing-masing dari mereka menggunakan aplikasi ini selama 53 menit per harinya.

baca juga: Trik Menembus Batas WhatsApp Untuk Kirim Foto Biar Tidak Pecah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.