Sah Bulan Depan, Begini Teknis Pemblokiran HP Black Market di Indonesia

0
3505
Ponsel Black Market
Copyright ©Propakistani

HP BM Mulai Diberantas Total Bulan Depan

Oketekno – Berbagai macam upaya telah diusahakan oleh pemerintah Indonesia untuk memberantas ponsel Black Market atau biasa dikenal dengan HP BM. Pasalnya, kejadian-kejadian seperti ini dapat merusak sistem perekonomian Tanah Air, dan maraknya tindak kecurangan di pasar, sehingga menimbulkan persaingan yang tidak sehat juga.

Dan kali ini pihak pemerintah telah menemukan solusi untuk memberantas ponsel black market. Rencananya, regulasi yang mengatur tentang pemblokiran HP BM ini akan ditandatangani pada bulan Agustus 2019 mendatang.

Simak Nih: 6 Benda Pembersih yang Malah Bikin Layar HP Rusak, No. 5 Sering Dipakai

Untuk regulasi ini berupa Peraturan Menteri (Permen), yang mana melibatkan 3 pihak kementerian, diantaranya Kemenperin (Kementerian Perindustrian), Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kemendag (Kementerian Perdagangan). Masing-masing akan memiliki tugas dalam memblokir peredaran ponsel ilegal.

Redmi K20 Unboxing
Copyright ©YouTube

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian, Janu Suryanto, Peraturan menteri ini nantinya akan ditandatangani pada pertengahan bulan depan. Akan tetapi dalam keterangannya ini tidak disertai isi dan lingkup dari hukum tersebut. “Aturannya secara detail sedang dibuat. Tanggal 17 Agustus 2019, harus ada tanda tangan 3 Peraturan Menteri terkait pemblokiran lewat IMEI.”

Ketahui Yuk: 4 HP Sony dengan Kamera Terbaik di Indonesia

Tugas dari Kementerian Perindustrian nanti yakni memvalidasi IMEI untuk mengetahui legalitas perangkat. Pemindaian ini akan dilakukan menggunakan mesin DIRBS (Device Identification, Registration, and Blocking System). Ketika nomor IMEI tidak ada dalam database yang didaftarkan, maka dipastikan ponsel tersebut ilegal alias Ponsel Black Market.

Selanjutnya merupakan tugas Kementerian Kominfo untuk meminta terhadap operator seluler melakukan pemblokiran jaringan terhadap deretan Smartphone yang diketahui Black Market, alias tidak terdaftar di database Kemenperin. Sedangkan tugas dari Kementerian Perdagangan yakni mengawasi perdagangan ponsel di pasar.

Namun ada pembicaraan yang mengatakan kalau tidak semua ponsel Black Market ini nantinya akan mengalami pemblokiran jaringan seluler. Dimungkinkan untuk HP BM yang sudah beredar di konsumen masih tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.

baca juga: Cara Mudah Gunakan 1 Nomor WhatsApp di 2 HP Sekaligus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.