Cara Periksa IMEI HP Kalian di Data Pemerintahan, Ponsel Black Market atau Tidak

0
4469
Ponsel Black Market
Copyright ©Euro

Trik Mengetahui Ponsel Black Market Melalui IMEI

Oketekno – Kemarin sudah diberitakan kalau pemerintah akan menerapkan peraturan untuk melakukan pemblokiran terhadap Smartphone yang beredar luas di Indonesia secara ilegal, atau biasa dikenal dengan Ponsel Black Market. Meski tidak semua pengguna ponsel ilegal terdampak, akan tetapi setidaknya kalian harus pakai yang sudah resmi saja.

Dikarenakan kedepan akan semakin sulit untuk melakukan perawatan terhadap Ponsel Black Market, sebab pemerintah mulai ketat dalam peraturan perdagangan Smartphone. Disebutkan, ada 3 Kementerian yang terlibat dalam hal ini, dan Kemenperin seolah menjadi pusat deteksinya, karena yang memiliki data IMEI dari setiap ponsel resmi di Indonesia.

Baca Juga: 3 Smartphone Android Rp 3 Jutaan Kamera Terbaik di Indonesia

Nah, bagi kalian yang penasaran apakah ponsel kalian terdaftar di Indonesia atau tidak, mungkin bisa mengikuti cara berikut. Kalau sampai tidak ada dalam daftar pemerintahan, sebaiknya ganti ponsel saja. Terlebih saat ini juga sudah banyak Smartphone murah dengan spesifikasi mumpuni di Tanah Air.

detikINET
Copyright ©detikINET

Caranya gampang banget kok guys, langkah pertama yang harus kalian lakukan yakni mengetahui nomor IMEI dari perangkat kalian itu sendiri. Masing-masing perangkat tidak sama, bahkan untuk perangkat dengan dual-SIM juga memiliki 2 nomor IMEI yang terdaftar di perangkatnya. Dan untuk memeriksanya yakni, masuk ke aplikasi panggilan/telepon, setelah itu ketikkan *#06#.

Baca Juga: Sah Bulan Depan, Begini Teknis Pemblokiran HP Black Market di Indonesia

Secara otomatis, nomor IMEI dari ponsel kalian akan muncul. Akan tetapi kalau tidak muncul bukan berarti itu ponsel black market guys, kita periksa lagi melalui aplikasi setting/pengaturan kemudian masuk ke About Phone. Atau mungkin kalau masih ada, kalian dapat mengetahui nomor IMEI ponsel dari Box kemasannya.

Jika sudah dapat nomor IMEI, kita masuk ke situs https://www.kemenperin.go.id/imei/, masukkan Kode IMEI yang telah kalian catat sebelumnya pada kolom yang telah disediakan. Kemudian kalian akan mendapatkan data detail dari ponsel kalian, sehingga bisa tahu apakah itu perangkat BM atau tidak.

Kira-kira seperti itulah guys cara mengetahui ponsel black market atau tidak yang bisa kalian terapkan pada perangkat kalian masing-masing. Selamat mencoba.

baca juga: Penuhi Permintaan Fans, Nokia 2.2 yang Baru Rilis di Indonesia Naik Kelas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.