Apple Bersih-Bersih App Store, Ini Jenis Aplikasi yang Dihapus

0
445
App store
Copyright ©Fortune

Aplikasi yang Dihapus Apple

Oketekno – Setelah cukup lama tidak ada kabar pembersihan aplikasi, kali ini Apple telah melakukan pembersihan lagi terhadap sejumlah Aplikasi iOS yang tersedia di App Store. Dan yang membuatnya makin unik lagi ialah ini menjadi yang pertama bagi salah satu perusahaan terbesar di AS itu mengungkap jumlah aplikasi yang dihapusnya ke publik secara detail.

Bukan karena keinginan dari sang perusahaan sendiri, melainkan Apple telah memenuhi permintaan yang disampaikan oleh pihak pemerintah di sejumlah Negara. Dari sekian banyak aplikasi iOS yang dihapus, aplikasi paling banyak berasal dari Negara China yakni mencapai 517 aplikasi.

Baca Juga: Sindir Apple, Ini yang Dikatakan Petinggi Facebook

Dari laporan transparansi yang disampaikan oleh Apple, disebutkan kalau ada 80 permintaan yang berasal dari 11 Negara untuk menghapus sebanyak 634 aplikasi iOS lokal, yang mana 517 aplikasi diantaranya berasal dari pemerintah China.

Surat Transparansi Apple
Surat Keamanan Apple; Copyright ©Apple

Sebagaimana informasi yang dilansir dari media Tech Crunch, Negara China telah mengklaim kalau permintaan ini berdasarkan aplikasi yang dimaksud telah melanggar hukum di Negara setempat, dikarenakan aplikasi iOS ini berkaitan dengan perjudian hingga p*rnografi.

Akan tetapi dalam laporannya ini tidak disebutkan secara jelas aplikasi mana saja yang telah dihapus dari App Store. Namun yang sudah pasti proses ini sudah mulai dilakukan sejak tanggal 1 Juli hingga 31 Desember 2018 kemarin. Dan untuk pengumuman laporan transparansi berikutnya akan diumumkan pada pertengahan 2020 mendatang.

Sekedar pengetahuan saja bahwasanya Apple ini menjadi yang pertama kalinya memposting beberapa surat keamanan nasional sebelum kemarin telah diberikan lampu hijau untuk dilakukan publikasi. Surat ini adalah Surat Keamanan Nasional (NSL) yang berupa panggilan pengadilan kontroversial yang langsung dikeluarkan oleh FBI tanpa pengawasan peradilan dan seringkali dengan perintah pembungkaman yang mencegah suatu perusahaan mengungkap keberadaannya.

baca juga: Bukan Apple yang Tersaingi, Inikah yang Ditakuti AS Sehingga Tekan Huawei?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.