Waspada! Jangan Tertipu dengan Aplikasi Android Samsung di Play Store

0
571
Samsung Play Store
Copyright ©Play Store Download Free

Aplikasi Android Ini Tipu Jutaan Pengguna Perangkat Samsung

Oketekno – Meski sebenarnya Google sudah memberikan Play Protect untuk melindungi toko aplikasi Android miliknya agar terhindar dari berbagai macam serangan serta penyusupan aplikasi palsu. Namun masih tetap saja bisa lolos, dikarenakan mereka para pembuat atau peretas memiliki banyak cara untuk mengelabuhi sistem keamanan tersebut.

Dan kasus yang terjadi belum lama ini yaitu pemalsuan aplikasi Samsung. Di Google Play Store, aplikasi dipromosikan untuk memperbarui firmware perangkat pengguna. Akan tetapi segala informasi yang disampaikan disini adalah palsu, alias pengguna Smartphone Samsung bakal terjebak kalau sampai memasang aplikasi tersebut.

Baca Juga: Apple Bersih-Bersih App Store, Ini Jenis Aplikasi yang Dihapus

Pasalnya ketika pengguna mendapatkannya, maka bukanlah pembaruan software yang akan didapatkan oleh pengguna, melainkan redirect langsung ke sebuah situs dimana malah dipenuhi oleh iklan serta penawaran “download firmware” berbayar. Dan penting untuk kalian ketahui bahwa, Samsung tidak pernah meminta pembayaran untuk update firmware.

Aplikasi Samsung Palsu
Copyright ©ZD Net

Untuk tampilan dari aplikasi Updates for Samsung ini begitu meyakinkan, sehingga tidak sedikit kalangan yang tertipu dan mengunduhnya. Berdasarkan laporan, aplikasi android palsu ini sudah diunduh sekitar 10 juta pengguna.

Baca Juga: Awas! Aplikasi Unduh Video YouTube Populer Ini Diduga Membahayakan

Berdasarkan laporan Aleksejs Kuprins selaku analis malware dari CSIS Security Group, aplikasi Android Updates for Samsung ini telah menawarkan berbagai macam hal meragukan terhadap korbannya. Ada penawaran jasa “unlock” kartu SIM seharga US$ 20 (Rp 282.000,-) sampai “Update Firmware” yang dibanderol US$ 35 (Rp 439.000,-).

Nah, hal yang lebih mencurigakan lagi adalah ketika pembayarannya tidak dilakukan secara resmi melalui Google Play Store, melainkan pengguna cuman diminta untuk memasukkan nomor kartu kreditnya saja. Dengan demikian, ini akan menjadi bencana bagi setiap penggunanya, sebab selain aplikasi tersebut tidak ada manfaatnya sama sekali, juga bisa menguras kantong pengguna.

Setelah diketahui adanya beragam permasalahan tersebut, kini aplikasi Android Updates for Samsung sudah tidak dapat diketemukan lagi di Google Play Store. Meski demikian, para pengguna perangkat harap berhati-hati dan jangan asal unduh aplikasi saja. Telusuri lebih dahulu sumber pengembangnya secara jelas.

baca juga: Google Play Store Bersihkan Ribuan Aplikasi Android Berbahaya, Dua Game Populer Ini Termasuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.