Beberapa Tips Ampuh Menghindari Penipuan di Facebook

0
180
Facebook kasus
Copyright ©Read In Brief

Tips Hindari Phising di Facebook

Oketekno – Media sosial menjadi tempat dimana para pengguna melampiaskan apa yang tengah dipikirkan dan dilakukannya kepada orang lain. Tujuannya yakni mendapatkan respon dari mereka dari apa yang telah dilakukannya. Facebook menjadi salah satu platform paling populer di Dunia.

Banyak dari penggunanya memanfaatkan platform sosial media ini sebagai tempat berbagi kebahagiaan dan pengalaman menarik. Akan tetapi karena jumlah pengguna yang besar, maka tidak sedikit pula orang yang memiliki niat jahat terhadap pengguna lain.

Simak Nih: 3 Tips Mudah Dapatkan Uang dari Facebook

Tidak cuman penyebaran hoax saja guys, melainkan juga beberapa diantara mereka ada yang mengelabuhi pengguna lain secara personal atau biasa dikenal dengan phising. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk menghindari kejahatan seperti itu di Facebook atau di platform lain guys.

Phising Facebook
Copyright ©Abira Massi

Tips Hindari Phising di Sosial Media

  1. Jangan Pernah Ungkap Informasi Login ke Akun Kalian

Hanya gunakan akses login resmi kalian ketika mau masuk ke sosial media resmi atau mungkin menautkannya ke dalam game pasti saja guys. Jangan di platform lain yang kurang bisa dipercaya, seperti situs asing, dan lain sebagainya.

  1. Ganti Kata Sandi Berkala

Kalau kalian memang ingin mendapatkan perlindungan yang baik, jangan gunakan 1 kata sandi untuk selamanya guys. Lebih baik ganti kata sandi secara berkala agar akun tetap aman dan tidak terlacak oleh pengguna lain.

Ketahui Yuk: Tips Mendapatkan Banyak Like di Halaman Facebook, 100% Gratis!

  1. Tinjau Akun

Sebagai pengguna yang baik, kalian harus periksa aplikasi atau layanan apa saja yang terhubung dengan akun Facebook/sosmed kalian. Jika ada yang janggal segera hapus akses tersebut, karena kalian tidak tau apakah mereka menyedot informasi pribadi kalian atau tidak.

  1. Jangan Terima Permintaan Pertemanan Orang Asing

Lebih banyak teman memang lebih baik, tapi kita tidak tau apakah mereka orang baik atau jahat. Kalau niatnya adalah penyebaran phising, maka lini masa kalian bisa jadi korban dari ini guys. Malah rugi sendiri kalian nantinya.

  1. Segera Lapor

Ketika kalian mendapatkan pesan yang mungkin terlihat aneh atau janggal, usahakan jangan penasaran dengan apa yang dilampirkan guys, yakni berupa file ataupun link. Bisa jadi itu adalah jebakan yang sudah disiapkan sebelumnya. Kalau menerima seperti ini, segera laporkan ke e-mail [email protected].

Itulah guys beberapa tips ampuh untuk mendeteksi Phising di Facebook hingga alamat melaporkan kejadian yang kurang menyenangkan.

baca juga: Tips Facebook Lite yang Belum Diketahui Banyak Penggunanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.