Aplikasi YouTube Vs IGTV, Mana yang Lebih Boros Kuota?

0
409
IGTV Vs YouTube
Copyright ©IGTV

Membandingkan Pemakaian Kuota IGTV dan Aplikasi YouTube

Oketekno – Kedua layanan ini merupakan media streaming yang sering dipakai oleh pengguna. Akan tetap pada dasarnya aplikasi YouTube lebih populer ketimbang IGTV. Selain sudah lama, platform streaming media milik Google itu dianggap lebih nyaman untuk dipakai.

Sedangkan Instagram TV sepertinya masih perlu banyak pengembangan terlebih dahulu agar dapat menandingi YouTube dalam segi kualitas konten hingga kenyamanan pengguna dalam menonton video. Mengesampingkan masalah kenyamanan, layanan manakah yang lebih boros kuota dalam kebutuhan streaming yang sama?

Simak Nih: Cara Mengetahui YouTube Error Secara Akurat

Berdasarkan informasi yang didapat dari KompasTekno, setelah dilakukan penelitian hasilnya cukup berimbang dimana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam permasalahan kuota. Uji coba tersebut dilakukan menggunakan My Data Manager sebagai pengukur kebutuhan kuota untuk aplikasi.

Pengukuran Resolusi 720p
Copyright ©KompasTekno

Dalam pengujian pertama, mode hemat data Instagram tidak diaktifkan dan video dalam durasi yang sama yakni 6 menit 27 detik serta diputar dalam resolusi 720p. Dan hasilnya yakni Aplikasi YouTube terbukti lebih boros dengan pemakaian kuota 62.7 MB. Sedangkan di Instagram cuman butuh kuota internet 34.6 MB saja untuk memutar konten yang sama.

Ketahui Yuk: Cara Menghapus Jejak Tontonan di YouTube, Pasti Aman!

Kemudian di pengujian berikutnya, pemutaran di Aplikasi YouTube di setinggi paling rendah yakni 144p dan Instagram diputar dalam mode hemat data (tidak diketahui resolusinya). Dan ternyata hasil berbanding terbalik dimana layanan milik Google ini cuman butuh 5.84MB saja untuk memutar video serupa, sedangkan IGTV butuh 16.2MB.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa resolusi 144p menjadi paling buruk sehingga kualitasnya juga tidak nyaman sekali ketika ditonton. Bahkan kalau dibanding dengan IGTV juga kalah kenyamanannya. Dan jika dinaikkan sedikit yakni menjadi 360p kurang lebih sama kualitasnya dengan IGTV, data yang dikonsumsi yakni 8.49MB saja, masih lebih hemat.

Namun kalau di kalkulasi secara global, aplikasi YouTube masih lebih hemat kok guys dibanding Instagram TV. Hal itu dikarenakan ketika pengguna membuka Instagram saja sudah berat banget dan banyak foto serta video yang dimuat di lini masanya sebelum menuju ke IGTV. Beda dengan YouTube yang cuman perlu beberapa langkah untuk mendapati video yang ingin diputarnya.

baca juga: Cara Memutar Musik di YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.