Indonesia Pertimbangkan Facebook Libra, Negara Ini Sudah Putuskan Menolak

0
255
Copyright ©South China Morning Post

Pertimbangan yang Sulit

Oketekno – Sebuah inovasi yang cukup bagus memang bagi Facebook untuk menciptakan mata uang digital, dikarenakan dengan layanan tersebut pengguna yang tidak memiliki bank ataupun cukup awam dengan transfer melalui jaringan internet bisa terbantu dengan layanan tersebut.

Para pengguna layanan miliknya bisa melakukan transfer atau terima uang dengan mudah dan cepat untuk saudaranya yang berada di kejauhan sekalipun. Untuk cryptocurrency terbaru yang diumumkan oleh Facebook ini bernama Libra.

Simak Nih: Tidak Cuman Facebook dan WhatsApp, Layanan Apple Ini Juga Sempat Down

Akan tetapi sepertinya untuk perjalanan mata uang digital ini tidak bisa langsung berjalan mulus. Hal ini dikarenakan beberapa Negara tidak bisa langsung menerima kehadirannya. Misalnya saja seperti Indonesia dimana Bank Indonesia (BI) tidak akan langsung melegalkan layanan pembayaran tersebut, melainkan saat ini masih terus mengkaji layanan itu.

Crypto Facebook Libra
Copyright ©TechnoBusiness ID

Disisi lain, India sebagai Negara dengan ekonomi terbesar ketiga di Asia ini tengah mempertimbangkan juga untuk tidak memberikan peredaran Libra. Sebagaimana yang dilansir dari Bloomberg News, Subhash Garg selaku Sekretaris Urusan Ekonomi India telah mengatakan kalau “Desain mata uang Facebook belum sepenuhnya dijelaskan. Tapi apa pun itu, itu akan menjadi cryptocurrency pribadi dan itu bukan sesuatu yang kita sukai.”

Ketahui Yuk: Pengembangan Facebook Libra Ditangguhkan?

Perlu diketahui bahwa India memang melarang untuk peredaran cryptocurrency, bahkan pihak pemerintahan setempat juga telah menyusun Undang-Undang yang memuat tentang larangan menggunakan mata uang digital ini. Namun, Facebook tidak langsung ambil tindakan atas pernyataan tersebut.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, dimana Facebook berencana untuk meresmikan Libra dan Calibra pada awal tahun 2020 mendatang. Dengan adanya layanan ini, diharapkan masyarakat dapat terbantu dikarenakan tidak ada biaya admin yang terlampau besar untuk transfer uang.

Kembali ke pemerintah India, dimana Economic Times telah mengabarkan kalau Libra ini nanti tidak akan beredar luas di India, disebabkan pemerintah tidak memberikan izin menggunakan jaringan perbankan untuk melakukan transaksi uang digital milik Facebook tersebut.

baca juga: Beberapa Tips Ampuh Menghindari Penipuan di Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.