Pengguna Ponsel Black Market Wajib Tau Hal Ini

0
1424
Ponsel BM
Copyright ©Okezone

Pengumuman Kemenperin Terkait Ponsel BM

Oketekno – Keputusan untuk melakukan pemberantasan terhadap Ponsel Black Market di Indonesia sudah sangat dekat, dimana rencananya pemerintah akan mulai mengesahkan peraturan untuk memblokir perangkat tidak resmi alias BM bulan depan.

Melalui akun Instagram resminya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mengatakan beberapa regulasi terkait kendali IMEI. Untuk peraturan ini nantinya akan disahkan secara resmi pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang. Bukan cuman Negara saja yang diuntungkan, melainkan masyarakat kedepannya juga bisa dipastikan lebih aman karena menggunakan perangkat yang benar-benar resmi terdaftar.

Simak Nih: Deretan Smartphone Black Market Terbaik Paling Banyak Dicari Tahun Ini!

Nantinya pihak pemerintahan akan melakukan sinkronisasi terhadap database IMEI yang dimiliki oleh Kemenperin dengan database SIM Card. Kalau memang ada IMEI yang tidak terdaftar, maka perangkat tidak lagi dapat terhubung dengan layanan telekomunikasi di Indonesia, seluruh operator.

Cek IMEI Kemenperin
Copyright ©Kemenperin

Akan tetapi tidak semuanya diblokir kok, dimana Kemenperin menjelaskan kalau Ponsel Black Market alias HP BM yang sudah dibeli dan dimasuki nomor sebelum pada tanggal 17 Agustus mendatang, nantinya akan dilakukan pemutihan, sehingga mereka tetap bisa menggunakan perangkat seperti biasanya. Untuk sekarang ini regulasinya sudah dalam tahap persiapan.

Ketahui Yuk: Sah Bulan Depan, Begini Teknis Pemblokiran HP Black Market di Indonesia

Bukan cuman ponsel yang dijual oleh pedagang ilegal saja, melainkan Smartphone yang pada dasarnya sudah resmi di Indonesia akan tetapi tidak dibeli di Tanah Air juga tidak akan mendapatkan jaringan, sehingga perangkat tersebut tidak lagi dapat digunakan di Indonesia.

Disisi lain, Kemenperin juga menjelaskan kalau saat ini pihaknya tengah mempersiapkan layanan pemeriksaan IMEI pada laman khusus, sehingga pengguna dapat lebih mudah dan nyaman dalam mengakses. Jadi, para pengguna Smartphone di Indonesia tidak perlu terburu-buru untuk melakukan pemeriksaan apakah perangkat miliknya tergolong Ponsel Black Market atau tidak.

Para pemain pasar yang melakukan aksi kecurangan dimana memasukkan rentetan ponsel Black Market di Indonesia diharapkan sudah bersih dengan penerapan aksi ini. Dan setiap vendor yang ingin memasukkan perangkatnya di Tanah Air juga penting untuk mendapatkan persetujuan TKDN, P3DN, dan sebagainya.

baca juga: Cara Periksa IMEI HP Kalian di Data Pemerintahan, Ponsel Black Market atau Tidak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.