Sejumlah Fitur yang Bakal Hadir di Hongmeng OS

0
981
Huawei Hongmeng OS Review
Copyright ©Teknologi

Fitur-Fitur Hongmeng OS Mulai Terungkap

Oketekno – Belum lama ini ada kabar kalau Huawei akan memperkenalkan terlebih dahulu sistem operasi terbarunya Hongmeng OS, yakni bulan depan bersamaan dengan acara pertemuan developer yang digelarnya. Acara yang akan digelar mulai 9 Agustus 2019 ini nantinya diperkirakan akan mengusung topik sistem operasi terbarunya itu.

Nah, semakin dekat dengan jadwal perilisannya, kini berbagai macam informasi terkait sistem operasi Hongmeng OS ini kian banyak bertebaran di Jagat Maya. Bahkan beberapa kalangan sudah menebak sebagian fitur yang bakal dihadirkan oleh sang vendor dalam OS tersebut.

Simak Nih: Akankah Hongmeng OS Resmi Dirilis Bulan Depan?

Kemarin sempat ada pengakuan kalau Huawei telah menggarap Sistem Operasinya sendiri sejak tahun 2012, dengan tujuan untuk mengantisipasi kalau Android tidak lagi diperbolehkan di perangkatnya. Dan sejak dimasukkan ke dalam daftar blacklist oleh AS kemarin, barulah perusahaan asal China ini segera menyelesaikan OS besutannya itu.

Hongmeng OS Notif
Copyright ©Mastel

Untuk sekarang ini kabarnya sistem operasi tersebut sudah mulai diuji coba pada Smartphone besutannya, yakni Mate 30. Akan tetapi tidak disebutkan secara rinci apakah pengguna umum yang mencoba OS ini atau mungkin percobaan secara tertutup yang melibatkan pihak tertentu saja.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari GizChina, ada beberapa fitur pada Hongmeng OS yang mulai terekspos. Beberapa pengguna yang melakukan pengujian menyatakan kalau sistem operasi ini tidak jauh berbeda dengan EMUI yang berjalan berdampingan pada Smartphone Android saat ini.

Ketahui Yuk: Kata Bos Huawei Soal Potensi Hongmeng yang Bisa Ancam Google Android

Akan tetapi penguji menyatakan kalau dirinya tidak dapat mencoba sejumlah fitur pada OS tersebut. Disini tidak diketahui pasti apakah vendor memang masih menguncinya atau mungkin fitur itu masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut dari developer.

Dikatakan pula kalau pengguna diberikan kebebasan untuk mengubah animasi yang muncul ketika perangkat dihidupkan. Lalu bisa juga untuk melakukan penyesuaian pada widget dan lock screen. “UI-nya juga memiliki ikon-ikon yang sudah didesain ulang dengan lebih banyak animasi, dan transisi lebih cepat dan lebih mulus, panel notifikasi dengan sejumlah perubahan, dan kotak pencarian lebih besar.”

Selain itu, pada Hongmeng OS ini diperkirakan ada juga mode pengingat ketika ada pesan masuk, nada dering yang berbeda untuk setiap orang yang menelepon, dan antarmuka yang lebih ringkas dalam OS ini. So, seperti apakah sistem operasi ini sebenarnya? Tunggu saja hingga resmi diumumkan mendatang.

baca juga: Huawei Mulai Kirimkan 1 Juta Unit Smartphone dengan Hongmeng OS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.