Mengurus Hak Cipta di YouTube Semakin Dipermudah

0
422
YouTube Copyright Log
Copyright ©Gaming - YouTube

Kemudahan dalam Mengurus Hak Cipta

Oketekno – Sebelumnya perusahaan yang berada dibawah naungan Google ini telah memberikan kenyamanan lebih baik terhadap penontonnya. Ini dikarenakan pihaknya mulai menguji coba fitur yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan poin dari video yang hendak dilihatnya, karena bakal hadir preview pada setiap video YouTube nantinya.

Namun kali ini giliran para Youtuber yang mendapatkan kemudahan, dimana mereka kali ini bisa mengurus hak cipta lebih mudah lagi dibanding sebelumnya. Dari informasi yang dikutip dari YouTube creators blog, pemilik konten yang memiliki hak cipta seperti label rekaman ataupun studio film sekarang ini harus menempatkan dengan tepat posisinya dalam video.

Simak Nih: Cara Memutar Musik di YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain

Untuk materi yang sudah menjadi hak ciptanya ini akan muncul dimana seharusnya ini tidak bisa dilakukan di waktu sebelumnya ketika melaporkan pelanggaran secara manual. Sehingga pencipta kini lebih mudah untuk melakukan verifikasi apakah klaim itu sah atau tidak. Kemudian akan diberitakan kepada kreator lain untuk mengedit kontennya agar tidak terkena dampaknya seperti penghapusan video atau tidak ada pendapatan pada videonya.

YouTube Danger
Copyright ©Indiatimes

Perlu diketahui bahwa pemilik hak cipta sampai sekarang ini tidak harus mengatakan dimanakah konten yang melanggar ini muncul ketika pengajuan klaim. Akan tetapi yang jelas, dengan adanya perubahan ini diharapkan keseluruhan akan menjadi lebih jelas dan beroperasi lebih lancar karena ini berjalan secara otomatis, dan part mana yang dianggap menjiplak.

Disisi lain, pembuat video juga bisa melihat potongan yang mengandung hak cipta sehingga YouTube akan memberikan notifikasi untuk membisukan audio selama bagian tersebut atau mungkin menggantinya dengan lagu lain yang bebas hak cipta di perpustakaan atau yang lebih aman yakni memotong durasi video tersebut.

Untuk pemilik hak cipta nantinya dapat memilih beberapa opsi yang diajukan ke YouTube, kalau sudah disetujui maka secara otomatis hak cipta akan dirilis. Lebih mudahnya lagi adalah pemilik tidak perlu mencari bagian pada sebuah video untuk dilaporkan, karena hal ini akan lebih merepotkan lagi. Disisi lain, fitur baru ini nantinya juga akan memberikan cap waktu tertentu sehingga pembuat konten bisa mengetahui bagian manakan yang terkena hak cipta dan klaim.

baca juga: Aplikasi YouTube Vs IGTV, Mana yang Lebih Boros Kuota?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.