Jelas Menteri Perdagangan AS Soal Nasib Huawei yang Mulai Terang

0
514
Dark Huawei
Copyright ©Euronews

Menteri Perdagangan AS Mulai Berkata

Oketekno – Sebenarnya dari keterangan Presiden Donald Trump di Twitter setelah bertemu dengan Presiden China dalam rangka acara KTT G20 kemarin, sudah ada sepucuk harapan bagi Huawei untuk kembali menjalin kerjasama dengan sederet perusahaan asal Amerika Serikat dengan bebas. Namun sampai saat ini masih belum ada persetujuan apapun terkait masalah tersebut.

Dan belum lama ini giliran Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross yang mengatakan tentang Nasib Huawei. Ia menjadi salah satu sosok utama dalam mengatasi izin perdagangan antara perusahaan asal China dengan Amerika Serikat.

Baca Juga: Petinggi Huawei Tetap Ingin Pakai Android OS

Ia menegaskan kalau perusahaan-perusahaan AS bisa kembali menjual perangkat ke Huawei lagi, namun dalam kondisi tertentu. Untuk kondisi yang dimaksudkan disini adalah kalau penjualan perangkat ini tidak mengancam keamanan nasional. Dan sementara ini salah satu vendor Smartphone terbesar di Dunia ini masih masuk dalam daftar cekalnya.

Huawei P30 Series on America
Copyright ©New Straits Times

“Huawei sendiri masih berada di Entity List dan pengumuman ini tidak mengubah cakupan item yang mewajibkan adanya lisensi dari Departemen Perdagangan,” seperti itulah yang dikatakan oleh Wilbur Ross sebagaimana diterjemahkan dari laman Cnet.

Baca Juga: Begini Tanggapan Google Soal Kembalinya Huawei Pakai Android

Disisi lain, Larry Kudlow selaku penasehat ekonomi di Gedung Putih telah menjelaskan kalau transaksi bisnis dengan Huawei ini hanya akan bisa dipermudah dalam waktu terbatas. Dengan demikian, kalau setelah diperlunak nanti tidak ada perubahan besar dalam perang dagang AS dan China, maka perusahaan tersebut akan kembali di cekal lagi.

Berbagai pernyataan yang seolah menarik ulur Huawei ini tentu membuat petinggi perusahaan asal China itu tidak mudah untuk memikirkan strategi jangka panjang, begitu juga dengan sederet perusahaan yang terlibat di dalamnya seperti Google, Intel, dan beberapa perusahaan besar lainnya.

Meski demikian, Huawei terlihat sudah sangat siap kalau memang pihaknya dilarang lagi bekerjasama dengan perusahaan Amerika Serikat. Untuk saat ini perusahaan tersebut nampak sudah mencari berbagai macam alternatifnya, salah satu yang paling hangat diperbincangkan adalah pengganti Android OS bernama Hongmeng OS dan Ark OS/Oak OS.

baca juga: Muncul Penampakan 4 Kamera Belakang Huawei Mate 30 Series yang Unik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.