Pesan WhatsApp Bisa Terlacak Meski di Enkripsi, Begini Mekanismenya

0
2768
WhatsApp Hack
Copyright ©Tenorshare

Pesan WhatsApp Ternyata Bisa Terlacak Tanpa Ganggu Enkripsi

Oketekno – Dari keseluruhan layanan yang berada dibawah naungan perusahaan Facebook, bisa dibilang Aplikasi WhatsApp paling aman dalam berkomunikasi. Dikarenakan platform pesan instant terpopuler di Dunia ini telah melengkapinya dengan sistem enkripsi sehingga pesan tidak akan bisa terbaca oleh pihak ketiga.

Melalui fitur enkripsi ini pesan akan dikunci dan diacak dalam kode tertentu ketika melewati jalur internet. Kemudian baru terbuka kembali setelah masuk ke nomor tujuannya, sehingga pesan tersebut bisa dibaca dengan mudah. Akan tetapi, apakah pesan yang sudah terenkripsi seperti ini tetap bisa terlacak?

Simak Nih: Tips Mengenali Akun WhatsApp Diretas dan Cara Mengatasinya

Profesor di Indian Institute of Technology bernama Madras V Kamakoti telah menyatakan kalau pesan WhatsApp bisa dengan mudah dilacak dan diketahui siapakah pengirim pertamanya. Akan tetapi ada mekanisme tertentu dalam proses pelacakannya kali ini.

Encrypted
Copyright ©Grid.ID

Profesor ini telah mengatakan kalau tanpa mengurangi fitur enkripsi sekalipun, pesan ini pada dasarnya tetap bisa dilacak. Namun dalam proses pelacakannya ini ditegaskan kalau tidak akan mempengaruhi privasi penggunanya.

Ketahui Yuk: Sederet Fitur Baru WhatsApp yang Hadir di Tahun Ini

“Saat WhatsApp menyebut, tidak mungkin menunjukkan asal pesan, saya justru berkata itu mungkin dilakukan,” seperti itulah yang dikatakan V Kamakoti ketika berada di depan kuliah umum pada Indian Council of World Affair sebagaimana dilansir dari media BGR.

Dalam keterangannya, ia juga menjelaskan kalau sebuah pesan yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp, siapapun pengirim asalnya bisa terungkap bersamaan dengan pesan tersebut. Namun proses ini tidak berlangsung begitu saja, melainkan ketika penerima pesan itu meneruskannya baru pengirim pesan awal akan terlacak keberadaan serta identitasnya.

Kamakoti mengatakan dengan metode ini pengguna nantinya tidak perlu melanggar enkripsi end-to-end ataupun mencederai privasi siapapun, mereka hanya membuat pesannya dapat dilacak saja. Namun untuk isi pesannya tidak diungkap apakah bisa terungkap juga atau tidak dengan metode seperti ini. Berkaitan dengan hal tersebut, pihak WhatsApp masih belum berkomentar apapun terkaitnya.

baca juga: Aplikasi WhatsApp Bakal Kehadiran Fitur Edit Foto, Ini Bocorannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.