Sah di Denda Segini, Saham Facebook Malah Meningkat

0
398
Facebook rahasia
Copyright ©Kiwi Searches

Saham Facebook Naik 2 Persen 

Oketekno – Setelah cukup lama mendalami permasalahan, pada akhirnya Facebook telah dipastikan untuk pengenaan denda terhadap kasus yang menimpanya tahun kemarin, Cambridge Analytica. Untuk Sanksi atau denda ini telah diputuskan berdasarkan keputusan dari 5 regulator yang terlibat.

Tiga regulator asal Partai Republik telah menyatakan kalau pihaknya setuju kalau Facebook dijatuhi denda 5 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp 70 Triliun, karena dianggap lalai untuk melindungi data pribadi penggunanya. Namun untuk 2 regulator asal Partai Demokrat telah menolak keputusan tersebut.

Simak Nih: Kritikan Donald Trump Soal Bitcoin dan Facebook Libra

Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan permasalahan Cambridge Analytica, yakni melibatkan setidaknya 87 juta data pengguna yang diserahkan terhadap firma analis data Cambridge Analytica untuk dipakai kepentingan pribadi. Bukan diserahkan begitu saja, sang raksasa sosial media ini telah menjualnya dengan harga yang sangat murah.

Denda Facebook
Copyright ©Vox

Untuk denda sebesar itu dianggap masih relatif kecil bagi perusahaan Facebook yang menjadi penguasa dalam urusan layanan Sosial Media. Perlu kalian tahu bahwa perusahaan asal Amerika Serikat ini telah mendapatkan 55 miliar USD atau setara Rp 768 Triliun, tentu saja jumlah tersebut 11x lebih besar jika dibandingkan dengan denda yang dijatuhkan oleh FTC (Komisi Perdagangan Federal AS).

Ketahui Yuk: Tidak Cuman Facebook dan WhatsApp, Layanan Apple Ini Juga Sempat Down

Sedangkan laporan pendapatannya bulan April 2019 kemarin, Facebook mendapatkan keuntungan sebesar US$ 15 miliar atau sekitar Rp 209 Triliun, dan memiliki cadangan kas lebih dari US$ 40 miliar atau sekitar Rp 559,2 Triliun untuk kuartal pertama tahun 2019. Begitulah informasi yang didapatkan dari New York Times.

Bukan cuman jumlah denda yang terbilang sangat kecil untuk ditujukan terhadap sang perusahaan terkait kasus yang cukup besar ini. Parahnya adalah jatuhan denda tersebut tidak membuat perusahaan Facebook mengalami penurunan saham. Menurut Laporan Wall Street, saham raksasa sosmed ini malah mengalami kenaikan 2% di hari yang sama ketika jatuhan denda resmi diumumkan.

baca juga: Diminta Setop Oleh Powell, Begini Tanggapan Facebook Soal Libra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.