Waspada! Pengguna WhatsApp Android dan iOS Diintai Finspy

0
364
WhatsApp FinSpy
Copyright ©Oketekno

FinSpy Tidak Menargetkan Secara Luas

Oketekno – Sebagai layanan yang sangat privasi, WhatsApp menjadi salah satu target dari pada peretas untuk mendapatkan informasi intim sang penggunanya lebih cepat. Namun dengan adanya fitur enkripsi, jelas saja data pengguna tidak bisa dengan mudahnya untuk ditembus, sehingga ada beberapa metode yang mereka lakukan.

Menyusupkan malware ke perangkat adalah cara paling ampuh sampai kini untuk menginfeksi dan mengintai ponsel pengguna. Bukan cuman Smartphone Android saja yang menjadi korban, melainkan pengguna ponsel berbasis iOS sekalipun juga dapat terkena.

Simak Nih: Pesan WhatsApp Bisa Terlacak Meski di Enkripsi, Begini Mekanismenya

Belum lama ini Pakar Kaspersky telah menemukan malware canggih terbaru bernama FinSpy yang bisa memantau hampir seluruh layanan pesan populer termasuk yang dienkripsi sekalipun. Beberapa hal yang bakal diintai seperti Lokasi GPS, Pesan, Gambar, Panggilan, dan lainnya.

Hacked By FinSpy
Copyright ©Kaspersky Lab

Untuk FinSpy ini sendiri merupakan alat perangkat lunak yang sangat efektif untuk sebuah pengawasan yang ditargetkan dan diiringi rekam jejaknya, seperti misal mencuri data dari LSM Internasional, Pemerintah serta Organisasi penegak hukum di seluruh Dunia. Sang operator juga dapat menyesuaikan perilaku setiap implan FinSpy berbahaya ini menuju target ataupun kelompok target tertentu.

Ketahui Yuk: Aplikasi WhatsApp Bakal Kehadiran Fitur Edit Foto, Ini Bocorannya!

Diperkirakan, sudah ada beberapa lusin perangkat Smartphone yang telah terinfeksi selama setahun terakhir. Kemudian Alexery Firsh telah menerangkan kalau pengembang layanan FinSpy ini terus memantau perkembangan layanan yang menjadi incarannya, termasuk Aplikasi WhatsApp salah satunya, dan tergolong cepat untuk melakukan penyesuaian. Dengan demikian, operasinya tidak terblokir dari adanya update tersebut.

Bukan cuman WhatsApp saja yang jelas-jelas memiliki fitur enkripsi, namun Messenger dan juga Viber menjadi layanan yang menjadi kobran FinSpy ini. Selain itu, untuk versi terbarunya dikabarkan bakal bisa menyusup ke platform yang lebih aman seperti Telegram, Signal ataupun Threema.

Menurut informasi yang disampaikan oleh Kaspersky, ternyata untuk menginfeksi Smartphone Android dan juga iOS ini, penyerang perlu akses fisik ke Ponsel yang sudah di jailbreak atau root sebelumnya. Jadi, kalian tidak perlu terlalu resah dengan adanya permasalahan intaian ini, karena tidak menargetkan pengguna secara luas.

baca juga: Tips Mengenali Akun WhatsApp Diretas dan Cara Mengatasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.