Selain Hongmeng, Huawei Juga Patenkan Harmony OS Sebagai Pengganti Android

0
464
Huawei Hongmeng OS
Copyright ©KLGadgetGuy

Ada Sistem Operasi Baru Lagi dari Huawei

Oketekno – Tidak lama setelah muncul larangan kerjasama antara Huawei dengan sederet perusahaan asal Amerika Serikat, pembicaraan terkait Hongmeng OS menjadi hangat dikarenakan sitem operasi tersebut digadang bakal menggantikan Android untuk menjalankan sistem operasi besutannya.

Bukan cuman Hongmeng OS saja, melainkan Ark OS menjadi salah satu nama yang didaftarkan oleh Huawei sebagai sistem operasi terbarunya. Namun ternyata belum lama ini vendor asal China itu juga telah mendaftarkan lagi nama baru untuk OS besutannya, yakni Harmony.

Simak Nih: Jelas Menteri Perdagangan AS Soal Nasib Huawei yang Mulai Terang

Untuk nama Harmony OS ini sendiri sudah mulai didaftarkan ke Kantor Hak Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) pada tanggal 12 Juli 2019 kemarin. Dan sekarang ini masih dalam tahap proses sebelum pada akhirnya dirilis beberapa waktu mendatang.

Harmony OS
Copyright ©LetsGoDigital

Huawei telah memasukkan sistem operasi Harmony ke dalam OS kategori “Class 9”. Dimana menjadikan OS tersebut nantinya akan lebih fleksibel, karena bisa dijalankan di perangkat mobile ataupun komputer, dan sifatnya downloadable alias bisa diunduh.

Ketahui Yuk: Muncul Penampakan 4 Kamera Belakang Huawei Mate 30 Series yang Unik

Meski demikian, masih belum jelas apakah Harmony OS ini menjadi sistem operasi yang berbeda dengan Hongmeng OS atau mungkin bakal menjadi pembeda saja untuk penamaannya di China dan di luar China. Untuk penyebarannya sendiri bakal mirip seperti Ark OS, yakni di pasar global termasuk Negara-Negara di Benua Eropa.

Menyoal Hongmeng OS sendiri, Huawei telah memastikan kalau sistem operasi besutannya ini memiliki performa 60% lebih cepat jika dibandingkan dengan sistem operasi Android. Dan beberapa waktu lalu, sang vendor juga telah menghadirkan OS besutannya ini ke 1 juta ponsel, dan dikirimkannya ke berbagai mitra kerjasamanya seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, dan beberapa vendor lain.

Kemarin lalu sempat ada bocoran dari Donald Trump dimana Huawei diberikan kebebasan lagi untuk bekerjasama dengan perusahaan dari Negara Amerika Serikat. Dan perusahaan asal China ini juga memastikan kalau pihaknya tidak akan meninggalkan sistem operasi Android. Tapi hingga kini masih belum ada keputusan resmi dari AS.

baca juga: Huawei Segera Luncurkan Smartphone 5G Pertamanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.