Foto WhatsApp dan Telegram Ternyata Bisa Dibobol, Begini Cara Kerjanya

0
803
Telegram WhatsApp
Copyright ©Dignited

Bukan Aplikasinya yang Memiliki Celah, Tapi Ini

OketeknoAplikasi WhatsApp menjadi salah satu yang populer di Dunia dalam layanan pesan instant, sedangkan Telegram diklaim memiliki sistem keamanan lebih canggih jika dibandingkan dengan platform manapun. Namun ternyata keamanan keduanya masih belum ampuh untuk menanggulangi semua cara peretasan yang ada.

Belum lama ini ada berita yang mengabarkan kalau Symantec kemarin lalu telah mengungkap seperti apakah skenario file media seperti foto bisa tetap dibobol oleh Hacker meski pada dasarnya WhatsApp ataupun Telegram sudah memiliki sistem enkripsi end-to-end yang canggih.

Simak Nih: Waspada! Pengguna WhatsApp Android dan iOS Diintai Finspy

Sebagaimana yang dilansir dari The Verge, dikatakan kalau foto dan video yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp ini bisa disimpan di storage internal ataupun eksternal. Akan tetapi secara default, platform pesan instant terpopuler di Dunia ini akan melakukan penyimpanan foto dan audio pada storage eksternal jika terdeteksi.

Continue audio WhatsApp
Copyright ©Blog Uptodown International

Bukan cuman WhatsApp saja, melainkan Telegram juga melakukan langkah yang serupa, yakni ketika pengguna mengaktifkan opsi ‘Save to Gallery’, maka file tersebut akan tersimpan pada memori eksternal yang disematkan.

Ketahui Yuk: Aplikasi WhatsApp Bakal Kehadiran Fitur Edit Foto, Ini Bocorannya!

Nah, hal ini lah yang akan dimanfaatkan untuk melakukan WhatsApp Hack ataupun peretasan Telegram. Teknik tersebut memanfaatkan malware yang bisa mengakses file media sebelum pengguna melihat foto yang baru saja disimpannya.

Mereka (hacker) nantinya bisa memanipulasi setiap foto yang diterima melalui Aplikasi WhatsApp ataupun Telegram melalui malware yang masuk ke dalam perangkat korban. Disisi lain, mereka juga dapat melakukan hal sebaliknya dengan metode yang sama, yakni memanipulasi pengiriman file yang akan dilakukan oleh pengguna.

Untuk teknik ini bisa disebut dengan ‘Media File Jacking’, dan teknik ini sudah sering kali terjadi di perangkat Android, dikarenakan di perangkat tersebut pengguna akan diberikan opsi untuk memblokir akses tertentu atau membiarkan aplikasi untuk mengakses segala sesuatu yang ada di dalam perangkat.

baca juga: Pesan WhatsApp Bisa Terlacak Meski di Enkripsi, Begini Mekanismenya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.